Ukuran Kertas Plano Dan Beragam Jenisnya

Pernahkah anda mendengar tentang kertas plano? Bagi anda yang menggeluti dunia percetakan, tentu saja anda sudah paham betul dengan apa yang dinamakan dengan kertas plano. Ya, memang, kertas jenis ini cenderung banyak digunakan oleh bagian percetakan. Secara singkat, kertas ini merupakan standard ukuran kertas yang belum dipotong, di mana nantinya kertas akan dipotong sesuai dengan kebutuhan percetakan. Dari penjelasan singkat tersebut, tentu saja ada cukup banyak ukuran kertas plano yang tersedia di mana bisa dimanfaatkan.
kertas plano
Kertas Plano siap di potong dalam Berbagai Ukuran Kertas

Penggunaan kertas plano bagi percetakan memang merupakan hal yang sangat wajar. Hal ini dikarenakan dari segi harga, kertas plano tentu saja lebih murah daripada kertas dengan potongan kecil-kecil. Selain itu, kertas plano juga akan memudahkan pencetakan dokumen atau desain lainnya, terutama yang memerlukan ukuran kertas besar. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai detail kertas plano dan beberapa hal menarik di sekitarnya. Selamat membaca.

Ukuran Standard Plano

Hal paling pertama yang perlu dibahas adalah ukuran standard dari kertas plano tersebut. Mengetahui ukuran standard kertas ini tentu saja sangat penting karena akan mempengaruhi baik itu pengeluaran serta penggunaan dari kertas plano. Dalam hal ini, di pasaran, terdapat cukup banyak ukuran kertas plano dengan detail yang berbeda-beda. Adanya beberapa variasi ukuran kertas plano tentu akan membuat anda merasa lebih leluasa untuk memilih kertas plano dengan ukuran tertentu dan jenis yang berbeda.

Nah, beberapa ukuran kertas plano dan jenis kertas tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Ukuran Kertas 61 x 86 cm

Ukuran dari kertas plano pertama yang tersedia di pasaran adalah 61 x 86 cm. Ini merupakan ukuran plano terkecil yang bisa dipilih. Kertas plano dengan ukuran ini hadir dengan jenis kertas BC atau brief card yang memiliki ketebalan lebih daripada HVS. Nah, kertas ini hadir di pasaran dengan gramatur sekitar 150 hingga 160 gram.
  • Ukuran Kertas 65 x 100 cm

Ukuran kedua dari kertas plano adalah 65 x 100 cm. ini merupakan variasi ukuran kertas plano yang cukup banyak digunakan dalam percetakan. Kertas ini hadir dengan beragam jenis yang berbeda. Adapun beberapa jenis kertas plano dengan ukuran ini adalah HVS, NCR, Art Paper dan lainnya. Biasanya, ukuran ini sering digunakan untuk mencetak brosur, leaflet atau lainnya.
  • Ukuran 65 x 91 cm

Pilihan selanjutnya dari ukuran standard kertas plano adalah 65 x 91 cm. Ini juga termasuk salah satu ukuran best seller yang sering digunakan dalam percetakan. Nah, kertas plano dengan ukuran ini hadir dengan jenis kertas HVS serta Art Paper yang mudah ditemukan di pasaran.
  • Ukuran Kertas 79 x 109 cm

Kertas plano juga hadir dengan detail ukuran 79 x 109 cm. Ini termasuk salah satu ukuran kertas plano yang besar pada variasi ukuran standard. Dalam hal ini, hampir semua jenis kertas tersedia dengan ukuran ini. Adapun beberapa jenis kertas yang tersedia diantaranya adalah HVS, Art Paper, Fancy dan lainnya. Nah, jenis-jenis kertas tersebut hadir dengan gramatur mulai dari 60 gram hingga 400 gram.
Ketahui Juga Ukuran Kertas Berikut:
Dari beberapa penjelasan di atas, kita bisa melihat bahwa ternyata ada beberapa variasi ukuran kertas plano yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Tentu saja, ukuran plano tersebut bisa dipotong-potong menjadi kertas lebih kecil sesuai dengan kebutuhan. Nah, pilih kertas plano dengan ukuran standard sesuai kebutuhan anda. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel