Mengenal Jenis Dan Ukuran Kertas Legal Di Microsoft Word

Microsoft word merupakan software yang digunakan untuk menulis. Ketika menulis di ms word, anda pasti akan mengatur ukuran kertas, supaya bisa di print dengan pas. Tulisan yang sudah anda tulis tidak terpotong. Ukuran yang digunakan biasanya, ukuran kertas legal, ukuran kertas F4, ukuran kertas A4 dan lainnya. Yang paling banyak digunakan adalah ukuran kertas A4, legal dan A4.

Ukuran Kertas Legal Di Microsoft Word
Cara Setting Ukuran Kertas Legal Di Microsoft Word

Menentukan ukuran kertas, disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Kertas folio sering digunakan untuk adminstrasi, seperti modul, surat, fotokopi, ijazah dan lainnya. Lalu kertas A4, juga digunakan untuk laporan, skripsi dan lain-lain. Jenis kertas ini juga dibedakan berdasarkan ketebalan,dan struktur. Ada yang tebal, ada yang tipis. Ada yang halus dan ada yang kasar. 

Mungkin setiap harinya, anda menggunakan kertas untuk cetak dokumen. Tapi anda tidak paham atau tidak mengenal mengenai kertas tersebut. Jenisnya apa, ukuran pastinya berapa dan teksturnya seperti apa. Supaya hasil cetakan anda rapi, anda harus memahami tentang jenis-jenis kertas ini, karena tidak semua jenis kertas di ms word digunakan atau ditemukan di indonesia.

Jenis dan ukuran kertas di ms word

Supaya lebih paham,berikut ini beberapa jenis dan ukuran kertas yang terdapat di microsoft word.
Ukuran kertas letter
Ketika membuka lembar ms word, lalu klik bagian page layout size, dibagian atas langsung muncul ukuran kertas letter. Ukuran kertas ini lebarnya 8,5 inchi dan panjang 11 inchi. Jika menggunakan ukuran cm. Ukuran kertasnya lebar 22 cm dan panjangnya 28 cm. Kertas ini sering digunakan untuk surat menyurat. Dikenal juga dengan kertas kuarto. Tapi di indonesia. Jarang yang menggunakan ukuran kertas ini. Lebih banyak digunakan di luar negeri, seperti amerika.
Ukuran kertas legal
Ukuran kertas legal sering digunakan di indonesia. Terutama untuk mencetak dokumen surat, ijazah dan lainnya. Ukuran kertas ini hampir dianggap sama dengan ukuran kertas F4 atau folio. Tapi sebenarnya berbeda. Perbedaan ukurannya sekitar 1 inchi. Kertas legal memiliki ukuran panjang 14 inchi dan lebar 8,5 inchi. Kalau dibedakan dengan kertas letter, hanya berbeda di panjangnya saja. Kertas legal lebih panjang dibandingkan kertas letter
Ukuran kertas A5
Ukuran kertas A5 jarang digunakan di kehidupan sehari-hari. Seperti tugas sekolah atau membuat dokumen kantor. Karena kertas ini ukurannya cukup besar. Memiliki ukuran panjang kertas 21 cm dan lebarnya 14,8 cm. Penggunaanya, hanya untuk dokumen tertentu saja. Ukuran kertas ini banyak ditemukan di toko alat tulis.
Ukuran kertas A4
Anda pasti tidak asing dengan ukuran kertas A4. Karena banyak yang memakai ukuran ini. Untuk cetak dokumen, membuat skripsi , karya ilmiahdan lainnya, selalu memakai ukuran kertas A4. Panjangnya sekitar 29,7 cm dan lebarnya 21 cm. Untuk mahasiswa pasti selalu berhubungan dengan ukuran kertas ini. Karena kertas ini terlihat rapi untuk membuat laporan dokumen.
Ukuran kertas F4
Di microsoft word, anda tidak bisa menemukan kertas ini. Anda harus membuat ukuran kertas sendiri. Dengan klik more page layout. Kertas folio memiliki ukuran panjang 33 cm dan lebarnya 21,5 cm. Kertas ini juga sering digunakan untuk membuat tugas mahasiswa dan surat menyurat.
Masih banyak jenis ukuran kertas di microsoft word. Tapi hanya 5 ukuran kertas diatas, yang paling banyak digunakan. Terutama ukuran kertas legal dan ukuran kertas a4. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel