Apa Itu Ukuran Kertas Buffalo Berapa Harganya?

Kertas terdiri dari berbagai macam. Di toko percetakan, kalian bisa menemukan berbagai jenis kertas. Setiap jenis kertas memiliki karakteristik dan kegunaan masing-masing. Selain itu, kertas juga terdiri dari berbagai macam ukuran yang berbeda. Mungkin kalian masih belum begitu familiar dengan yang namanya kertas buffalo. Akan tetapi, sangat penting untuk mengetahui tentang ukuran kertas buffalo secara lebih jelas. Di sini, kita akan membahasnya secara lebih detail agar kalian bisa membedakan kertas buffalo dengan jenis kertas lain dan juga tentang kegunaannya.

Ukuran Kertas Buffalo
Ukuran Kertas Buffalo

Pengertian Kertas Buffalo

Pertama, mari kita bahas tentang definisi dari kertas buffalo itu sendiri dulu. Kertas ukuran buffalo adalah jenis kertas yang ciri-cirinya memiliki permukaan lumayan kasar jika dibanding dengan kertas pada umumnya. Selain itu, kertas ini juga biasanya memiliki corak khusus. Ada berbagai macam pilihan warna yang bisa kalian temukan di pasaran. Ada banyak orang menganggap kertas buffalo sama dengan brief card padahal keduanya berbeda karena kertas buffalo memiliki permukanan yang lebih kasar meskipun secara sekilas mirip. Brief card bisa juga kita sebut dengan kertas manila. Salah satu contoh penggunaan brief card adalah untuk kertas buku gambar.

Karakteristik Kertas Buffalo

Selain dari permukaannya yang kasar, kertas buffalo juga memiliki karakteristik lainnya. Salah satunya adalah dilihat dari ketebalannya. Kertas buffalo tergolong kertas yang cukup tebal. Ketebalannya juga bermacam-macam. Yang paling tipis adalah 150 gram sedangkan yang paling tebal adalah 250 gram. Ada juga kertas buffalo dengan ketebalan 210 gram, 220 gram, dan 230 gram. Jadi, kalian bisa membeli sesuai dengan ketebalan yang kalian inginkan. Biasanya, hal ini disesuaikan dengan penggunaannya.

Ukuran-ukuran Kertas Buffalo

Ukuran kertas buffalo bermacam-macam. Yang paling banyak kita temukan di pasaran adalah ukuran A4. Selain itu, kertas buffalo juga tersedia dalam ukuran yang lebih besar yaitu A3. Kalian juga bisa mencari kertas buffalo dengan ukuran lain seperti ukuran folio. Jadi, pastikan kalian membelinya sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Penggunaan Kertas Buffalo

Seperti kita bahas di atas, kertas jenis buffalo memiliki karakteristik yang lebih tebal. Jadi, tentu saja kegunaannya juga lain dari kertas pada umumnya. Salah satu contoh yang paling umum dalam penggunaan kertas buffalo adalah sebagai cover buku atau menjilid suatu makalah. Selain itu, kertas buffalo juga sering digunakan untuk membuat kertas undangan pernikahan ataupun undangan jenis lainnya. Dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Warna-warna Kertas Buffalo

Warna kertas buffalo terdiri dari berbagai macam pilihan. Meskipun ada yang berwarna putih, namun biasanya lebih sering kita jumpai dalam warna-warna lain. Misalnya, ada kertas buffalo yang berwarna biru laut, hijau, kuning muda, warna kulit jeruk, pink, merah, orange, cokelat, ungu, biru tua dan lain sebagainya. Jadi, pastikan kalian memilih warna kertas buffalo sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kalian masing-masing.

Ketahui Juga Ukuran Kertas Berikut:

Harga Kertas Buffalo

Setelah mengetahui tentang pengertian, karakteristik, ukuran dan pilihan warna dari kertas buffalo, kini kita akan membahas masalah harganya. Tentu saja, harga kertas buffalo berbeda dengan kertas lain seperti kertas A3, A4, dll. Dengan ukuran kertas buffalo yang bermacam-macam, harganya pun juga berbeda satu sama lain. Akan tetapi, kisaran harga kertas buffalo biasanya berkisar antara Rp 35.000 hingga Rp 40.000 per pack. Jika kalian tertarik, silahkan beli kertas buffalo di toko percetakan atau alat tulis terdekat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel