Perbedaan Ukuran Kertas Kuarto, Folio, Legal, Dan A4

Buat yang masih sekolah atau kerja di perkantoran, pasti setiap harinya selalu bertemu dengan kertas. Untuk membuat laporan, tugas dan lainnya. Yang paling banyak digunakan, biasanya kertas hvs. Karena ukurannya pas dan berkualitas. Tapi tahukah anda bahwa jenis kertas sangatlah banyak sekali. Kertas hvs pun dibagi menjadi beberapa ukuran, ada ukuran kertas kuarto, folio, legal, leter dan lainnya. Oleh karena itu, kita akan membahas tentang perbedaan dari semua jenis kertas tersebut.
kertas kuarto 80 gram
Kertas Ukuran Kuarto 80 gram

Jenis Ukuran Kertas

Ada empat jenis ukuran kertas yang paling banyak digunakan. Untuk cetak dokumen atau membuat laporan tertentu. Setiap jenis kertas ini memiliki ukuran yang berbeda-beda. Dengan memahami ukuran kertas, anda jadi tidak membuang-buang kertas. Karena apa yang dibuat di ms word sama dengan ukuran kertas yang digunakan. 

Ukuran kertas A4

Ukuran kertas ini yang paling banyak digunakan dibandingkan ukuran kertas lainnya. Di tempat fotocopy atau print, pasti menyediakan ukuran kertas ini. Ukuran kertas A4 sekitar 8,27 x 11,69 inchi atau 21 x 29,7 cm atau 210 x 297 mm. Kertas ini banyak digunakan untuk membuat laporan, skripsi, dan lainnya. 

Ukuran kertas F4 (Folio)

Ukuran kertas F4 atau folio, memiliki ukuran lebih panjang dibandingkan kertas A4. Banyak digunakan untuk mencetak ijazah, surat-surat resmi dan lainnya. Ada yang polos dan bergaris. Untuk yang bergaris, dijual berdua lembar tidak selembar. Ukuran kertas F4 sekitar 8,5 x 13 inchi atau 21,5 x 33 cm dan 215 x 330 mm. 

Ukuran kertas letter (kuarto)

Bagi pengguna microsoft word, pasti tidak asing dengan ukuran kertas letter. Ketika membuka page layout di bagian size. Pasti langsung ada pilihan ukuran letter. Ukuran kertas ini juga dikenal dengan ukuran kertas kuarto. Ukuran ini jarang digunakan di indonesia. Karena menjadi standar ukuran kertas di amerika dan negara luar negeri lainnya. Ukuran kertasnya sekitar 8,5 x 11 inchi atau 21,6 x 27,9 cm atau 216 x 279 mm. Kertas kuarto ini memiliki kode Qto atau kertas Q. Dengan memahami hal ini, anda jadi tahu ukuran kertas yang anda butuhkan,

Ukuran kertas legal

Selain ukuran kertas letter,ada juga ukuran kertas legal. Ukuran kertas ini juga tersedia di microsoft word. Kertas legal memiliki ukuran yang paling panjang dibandingkan jenis ukuran lainnya. Bahkan lebih panjang dari ukuran kertas F4. Ukurannya sekitar 8,5 x 14 inchi atau 21,6 x 35,6 cm atau 216 x 356 mm. Ukuran kertas ini pun jarang digunakan di indonesia. Karena terlalu panjang, hanya digunakan untuk dokumen-dokumen tertentu saja. 

Banyak yang beranggapan kalau ukuran kertas legal sama dengan ukuran kertas F4. Padahal beda, karena kertas legal memiliki ukuran yang lebih panjang dan lebar dibandingkan F4. Perbedaannya memang tak begitu terlihat, karena hanya beda 1 inchi saja. Ketika mengatur ukuran kertas di ms word, anda harus memperhatikan hal ini dengan baik. Jangan sampai, pas dicetak ukurannya tidak pas dan akhirnya tulisan yang sudah anda tulis terpotong.

Dari keempat kertas diatas, legal, F4, A4 dan kuarto, kertas kuartolah yang memiliki ukuran paling kecil. Di indonesia lebih sering memakai ukuran kertas A4 dibandingkan kuarto. Jenis kertas ini juga dibedakan berdasarkan ketebalannya. Ada yang 70 gram, 80 gram dan lainnya. Itulah sedikit informasi tentang perbedaan ukuran kertas kuarto, legal. A4 dan folio.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel