Ukuran Kertas A4 Dalam Cm, Kegunaan Serta Pilihan Jenisnya

Berbincang tentang jenis kertas, agaknya kita sepakat bahwa salah satu kertas yang paling banyak digunakan adalah kertas A4. Ya, hal ini cukup beralasan karena hampir semua cetak dokumen di beragam instansi berbeda menggunakan ukuran kertas yang satu ini. Selain itu, kertas ini juga sangat mudah ditemukan di tempat fotokopi, toko kertas atau lainnya. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai detail ukuran kertas A4 dalam cm serta beberapa hal menarik lainnya.

gambar mesin Ukuran Kertas A4
Gambar Mesin pada Ukuran Kertas A4

Tentu, mengetahui ukuran dari kertas A4 secara detail merupakan hal yang cukup penting. Dengan mengetahui ukuran tersebut, anda akan bisa memperkirakan ukuran riil dari kertas tersebut sebelum menggunakannya. Dengan pengetahuan tersebut, tentu anda juga bisa meminimalkan kesalahan pembelian kertas. Nah, simak beberapa detail ukuran kertas A4 dan hal lainnya di bawah ini. Selamat membaca.

Detail Ukuran Kertas A4

Hal pertama yang akan dibahas adalah mengenai detail dari ukuran kertas A4 dalam cm dan beberapa satuan lain. Sebagaimana disampaikan sebelumnya bahwa mengetahui detail ukuran dari A4 tentu penting untuk membantu menyesuaikan kebutuhan percetakan dengan ukuran yang dikehendaki. Adapun detail ukuran dari A4 adalah sebagai berikut:
 Ukuran kertas A4 dalam satuan mm adalah 210 x 297 milimeter
 Ukuran kertas A4 dalam satuan cm adalah 21,0 x 29,7 sentimeter
 Ukuran kertas A4 dalam satuan inch adalah 8,27 x 11,69 inch
Dengan detail ukuran dari kertas A4 dengan berbagai satuan tersebut, tentu saja anda bisa memperkirakan berapa ukuran riil dari kertas tersebut. Selain itu, anda juga bisa memperkirakan ukuran tersebut ketika anda hendak menggunakannya untuk mencetak dokumen tertentu.

Fungsi dari Kertas A4

Selain membahas detail ukuran kertas A4, hal yang juga penting untuk diketahui adalah fungsi dari kertas A4. Meskipun sudah sangat sering digunakan dalam keperluan sehari-hari, namun beberapa orang mungkin belum tahu tentang fungsi detail dari kertas A4 ini. Adapun beberapa fungsi atau kegunaan dari kertas ini adalah sebagai berikut:
Media Cetak Dokumen
Kertas A4 memang menjadi salah satu media cetak dokumen yang paling banyak digunakan. Dalam penggunaannya, kertas ini dipakai untuk mencetak banyak hal mulai dari print surat, print tugas akhir, print aneka dokumen, dan lainnya. Hal ini disebabkan A4 memang menjadi ukuran resmi surat dari berbagai instansi terkait.
Media Alternative Menggambar
Kertas A4 juga bisa digunakan untuk media alternative menggambar. Ukurannya yang tidak terlalu besar tentu saja akan memudahkan seseorang untuk bisa menggambar apapun, termasuk lukis sketsa. Di pasaran juga cukup banyak tersedia kertas gambar dengan ukuran A4.
Media Alternative Cetak Selebaran
Dengan ukuran yang tidak terlalu besar pula, A4 bisa menjadi kertas alternative untuk mencetak selebaran. Memang, ukuran kertas ini tidak terlalu besar namun sudah cukup baik untuk menyampaikan detail acara yang akan diselenggarakan. Harga yang tidak begitu mahal juga akan memberikan keleluasaan untuk mencetak dengan jumlah lebih banyak.

Jenis Kertas A4

Di pasaran, anda juga akan menemukan cukup banyak jenis kertas A4 yang tersedia. Jenis-jenis kertas tersebut akan memberikan perbedaan dari segi fungsi karena memiliki ketebalan dan detail yang beragam. Adapun beberapa jenis kertas A4 yang tersedia di pasaran diantaranya adalah HVS, Buffalo, Art Paper, Ivory, dan lainnya. Nah, anda bisa mempertimbangkan jenis kertas tersebut sebelum menggunakannya dalam keperluan yang berbeda.

Demikian pembahasan mengenai ukuran kertas A4 dalam cm dan beberapa detail lainnya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel