Ukuran Kertas Letter Dan Beberapa Jenis Kertas

Kertas letter mungkin menjadi salah satu jenis kertas yang cukup jarang dibahas dan digunakan pada masyarakat umum. Hal ini wajar saja karena kertas leter merupakan ukuran kertas yang ada di Amerika. Secara singkat bisa dikatakan bahwa kertas ini merupakan standard Amerika. Dalam berbagai informasi dijelaskan bahwa kertas letter ini selain legal, merupakan salah satu kertas yang paling banyak digunakan di Amerika Utara dan Mexico. Pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai ukuran kertas letter dan beberapa hal menarik di sekitarnya.
kertas hvs quarto
Kertas hvs Letter (quarto)

Pembahasan mengenai ukuran dari kertas letter tentu akan menjadi pembahasan yang menarik untuk diperhatikan demi menambah pengetahuan. Selain itu, bagaimana dengan keadaan di Indonesia? Apakah kertas ini juga tersedia di Indonesia? Kita akan membahasnya di beberapa pembahasan di bawah ini. Selamat membaca.

Detail Mengenai Kertas Letter

Jika diambil dari nilai sejarah, memang tidak ada catatan resmi mengenai bagaimana kemunculan kertas ini di kawasan Amerika dan Mexico. Namun, dalam beragam informasi di sebutkan bahwa kertas ini termasuk salah satu bagian dari seri tradisional di mana diyakini pembuatannya menggunakan cara manual dan belum modern. Di luar Amerika, kertas ini seringkali disebut sebagai American Quarto. Dari penamaan tersebut dapat disimpulkan bahwa kertas ini origin nya memang berasal dari Amerika.

Ukuran Detail Kertas Letter

Lantas, bagaimana dengan detail ukuran kertas letter? Tentu, mengetahui hal tersebut merupakan hal yang cukup penting untuk diketahui. Dengan mengetahui detail ukuran dari kertas letter tersebut, maka anda bisa memperkirakan besaran ukuran riil dari kertas yang ada. Adapun detail ukuran dari kertas letter tersebut dalam beragam satuan adalah sebagai berikut:


  • Detail Ukuran kertas letter dalam satuan mm adalah 216 x 356 milimeter
  • Detail Ukuran kertas letter dalam satuan cm adalah 21,6 x 35,6 sentimeter
  • Detail Ukuran kertas letter dalam satuan inch adalah 8,5 x 11 inch

Dari ukuran tersebut, anda bisa melihat detail ukuran dari kertas letter. Dengan mengetahui ukuran riil dari kertas tersebut, maka anda bisa membandingkan ukuran tersebut dengan kertas lain sehingga bisa meminimalkan kesalahan dalam pembelian kertas.

Adakah Kertas Letter di Indonesia?

Pertanyaan ini cukup menarik untuk disimak. Dikarenakan kertas letter berasal dari Amerika, maka beberapa orang bertanya mengenai ketersediaan kertas jenis ini di pasar Indonesia. Lantas, apakah kertas ini ada di Indonesia dan bisa didapatkan dengan mudah? Nah, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah kertas dengan detail ukuran letter sebagaimana standard Amerika tampaknya tidak tersedia di Indonesia. Hal ini dikarenakan produk kertas di Indonesia memiliki standard yang berbeda.

Namun, menyimak ukuran kertas letter sebagaimana di sebutkan di atas, maka di Indonesia terdapat ukuran kertas yang mirip dengan ukuran letter. Ya, dari detail ukuran kertas letter sebagaimana dijelaskan di awal, maka kita bisa melihat bahwa sebenarnya kertas ini memiliki ukuran yang mirip dengan kertas A4. Kedua jenis kertas ini memiliki ukuran yang mirip meskipun tidak sama persis. Jadi, ketika anda mencari kertas dengan ukuran letter, maka anda bisa membeli kertas dengan ukuran A4.

Dalam perkembangannya, kertas letter tersedia dalam beragam jenis. Adapun jenis kertas yang tersedia diantaranya adalah HVS, buffalo, ivory, art paper dan lainnya. Beberapa jenis kertas tersebut memberikan detail yang berbeda, terutama detail permukaan dan ketebalan. Nah, demikian pembahasan mengenai ukuran kertas letter dan beberapa hal lainnya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel