Ukuran Kertas F4 (Folio) Dan Penggunaannya

Di Indonesia, ada beberapa ukuran kertas yang paling populer dan sering digunakan. Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan kertas folio. Kertas folio memang menjadi salah satu ukuran kertas paling terkenal selain kertas kuarto atau kertas A4. Namun, tidak banyak yang tahu kalau kertas folio juga memiliki nama lain yaitu F4. Artinya, ukuran kertas F4 dan folio adalah sama, hanya beda penyebutan saja. Dalam dunia percetakan, maka istilah kertas F4 lebih sering digunakan. Akan tetapi, banyak orang yang lebih mudah memahami dengan istilah kertas folio.

Ukuran Kertas F4 (Folio)
Ukuran Kertas F4 (Folio)

Penggunaan Kertas F4

Dalam dunia percetakan, kertas ukuran F4 selalu dibutuhkan. Ada banyak hal yang mana membutuhkan kertas F4 untuk urusan pencetakan. Salah satu contohnya adalah kertas F4 sering digunakan untuk membuat laporan. Selain itu, kertas F4 juga sering digunakan untuk lebar kerja seperti soal-soal ataupun lainnya. Kemudian, banyak juga formulir seperti form pendaftaran yang menggunakan kertas F4. Dan masih banyak lagi contoh penggunaan kertas F4 dalam kehidupan sehari-hari. Yang pasti, kertas folio atau F4 menjadi salah satu ukuran kertas yang paling sering digunakan.

Fakta Unik Kertas F4

Ada fakta unik yang perlu kalian ketahui tentang kertas F4 ini. Kertas yang juga dikenal dengan kertas folio ini ternyata hanya populer di negara-negara Asia Tenggara saja. Bahkan, Indonesia menjadi negara yang paling sering menggunakan kertas dengan ukuran folio ini. Sebenarnya, ada juga beberapa negara yang cukup sering menggunakan kertas folio. Namun, yang mereka maksud bukanlah kertas F4 melainkan kertas ukuran foolscap. Dalam dunia percetakan, ukuran kertas F4 juga kadang disebut dengan kertas ukuran metric foolscap.

Ukuran Kertas F4 dan A4

Hampir semua orang bisa membedakan antara ukuran kertas folio atau F4 dengan ukuran kertas kuarto atau A4. Kertas F4 memiliki ukuran yang lebih besar. Artinya, kertas F4 lebih lebar dan tinggi dibanding dengan kertas A4. Jadi, ada lebih banyak ruang untuk menulis dalam kertas F4. Itulah kenapa kertas F4 lebih sering digunakan untuk penulisan yang lebih membutuhkan banyak tempat kosong dalam suatu lembar.

Aturan dalam Ukuran Kertas F4

Ada beberapa aturan yang perlu kalian ketahui dalam kaitannya dengan ukuran dari kertas folio atau F4. Perlu kalian ketahui, ukuran kertas F dibagi menjadi beberapa macam dari mulai F0, F1, F2, F3, F4 dan seterusnya. Kertas dengan ukuran F0, F2, F4, F4 dan seterusnya memiliki ukuran panjang dibagi lebar yaitu 1,5714. Di sisi lain, kertas dengan ukuran F1, F3, F5, F7 dan seterusnya memiliki panjang dibagi lebar sebesar 1,27.

Kemudian, kertas F0 memiliki ukuran paling besar dari jenis kertas F dan kertas F1 berukuran setengahnya, begitu juga seterusnya. Artinya, kertas F4 memiliki ukuran setengah dari kertas F3 dan seperempat dari F2. Begitu juga seterusnya. Kemudian, kertas F4 memiliki ukuran 2 kali lipat dari kertas F5 dan 4 kali lipat dari F6. Begitu juga seterusnya.
Ketahui Juga Ukuran Kertas Berikut:

Ukuran Kertas F4 dalam Berbagai Satuan

Ukuran kertas F4 dalam satuan millimeter adalah 210 mm x 330 mm. Dalam satuan centimeter, kertas F4 memiliki ukuran 21 cm x 33 cm. Kemudian dalam satuan inci, kertas F4 sama dengan kertas yang berukuran 8,27 in x 13 in. Sekarang, kalian tidak perlu bingung lagi untuk membedakan kertas F4 dengan kertas ukuran lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel