Jenis Ukuran Kertas HVS Dan Cara Membuat Di Ms Word

Kertas hvs kepanjangan dari hout vrij schrijfpapier. Kata ini berasal dari bahasa belanda yang artinya kertas tulis tanpa serat. Hvs bukan termasuk ukuran kertas, tapi jenis kertas. Jadi di jenis kertas hvs, terdapat ukuran yang banyak sekali. Ada kertas A4 (kuarto) ukuran F4 (folio) dan lainnya. Setiap jenisnya, memiliki ukuran kertas hvs yang berbeda-beda. 

Ukuran Kertas HVS
Harga Ukuran Kertas HVS satu Rim Rp 30 ribu

Berbagai jenis ukuran kertas

Kertas hvs dibagi menjadi berbagai jenis. Bukan hanya kertas hvs yang ukuran F4. Kertas hvs juga ada yang berwarna dan bergaris. Yang berwarna sering digunakan untuk sampul laporan. Kalau yang bergaris, digunakan untuk menulis laporan di sekolah. Anda bisa mendapatkannya di toko alat tulis. Karena ada banyak merk yang dijual belikan. Pilihan ukurannya pun banyak sekali. Berikut ini penjelasannya tentang ukuran kertas dari jenis hvs.

  • Ukuran kertas lettter
Ukuran kertas ini memiliki lebar 21,59 cm dan tinggi 27,97 cm

  • Ukuran kertas legal
Ukuran kertas legal memiliki lebar 27, 94 cm dan tinggi 35,56 cm

  • Ukuran kertas tabloit
Memiliki ukuran kertas dengan lebar 27,94 dan tinggi 43,18 cm

  • Ukuran kertas folio (f4)
Kertas folio memiliki ukuran lebar 21 cm dan tinggi 33 cm

  • Ukuran kertas A2
Kertas ukuran A2 memiliki lebar 42 cm dan tinggi 59,4 cm

  • Ukuran kertas A3
Kertas A3 memiliki lebar 29,7 cm dan tinggi 42 cm

  • Ukuran kertas A4
Ukuran kertas dengan lebar 21 cm dan tinggi 29,7 cm

  • Ukuran kertas A5
Kertas jenis ini Memiliki lebar 14,8 cm dan tinggi 21 cm
Masih banyak jenis kertas hvs yang bisa anda gunakan. Ukuran kertas hvs ini pun berbeda. Setiap jenis bisa digunakan untuk berbagai hal. Misalnya kertas A4, digunakan untuk skripsi. Ukuran kertas F4, digunakan untuk laporan, sertifikat,ijazah dan lainnya. Selain memahami jenisnya, anda juga harus tahu bagaimana membuat ukuran kertas ini di microsoft word.

Cara Mengatur Ukuran Kertas HVS di Ms Word

Ketika menulis sesuatu di komputer, kita pasti menggunakan ms word. Entah itu laporan, tugas dan lainnya. Supaya pada saat di print sesuai dengan kertas hvsnya, anda harus membuat ukuran kertas yang sesuai. Untuk defaultnya. Ms word memakai kertas ukuran A4. Berikut ini langkah mengatur ukuran kertas hvs di ms word.

  1. Buka lembar baru ms word. Lalu klik menu bar page layout.
  2. Pilih menu size. Disana akan muncul banyak sekali jenis ukuran kertas. Ada letter, tabloit, legal, A3, A4 dan lainnya.
  3. Jika ingin membuat ukuran kertas baru, pilih more paper sizes.
  4. Jika ingin membuat ukuran kertas f4, berarti ukurannya 21,59 untuk lebarannya dan 33 cm untuk tingginya.
  5. Di kolom width isi 21, 59 cm dan height 33 cm.
  6. Klik ok
Maka anda sudah mendapatkan ukuran F4 atau banyak yang mengenalnya dengan ukuran HVS. Tutorial ini bisa digunakan di semua jenis ms word. Mungkin ada sedikit tampilan yang beda. Tapi intinya hampir sama. Kalau di settingan printnya terpotong, anda harus mengatur ukuran di printer juga. Sehingga sesuai dengan ukuran kertas.

Bagaimana mudah bukan? Jadi perlu dipahami, kalau hvs bukan hanya ukuran kertas tapi jenis kertas. Kertas hvs memiliki tekstur yang halus dan polos. Untuk kualitasnya banyak sekali. Tergantung merk dari kertas tersebut. Karena setiap merk memiliki kelebihan kekurangan masing-masing. Ada yang halus dan kertas. Sesuai dengan harga dari kertas tersebut. Sekian artikel tentang ukuran kertas hvs. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel