Ukuran Kertas A0, Fungsi Dan Harganya

Di pasaran, terdapat cukup banyak jenis kertas berdasar ukuran yang berbeda-beda. Dengan ukuran yang berbeda, tentu saja anda akan bisa lebih mudah untuk menentukan jenis kertas yang pas untuk memenuhi kebutuhan anda. Salah satu ukuran kertas yang tersedia di pasaran adalah A0. Ya, ukuran kertas A0 merupakan ukuran kertas paling besar diantara ukuran yang lainnya. Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa hal terkait ukuran kertas yang satu ini. Dengan adanya informasi tersebut, maka anda bisa mempertimbangkan kapan anda harus membeli dan menggunakan kertas ini. Selamat membaca.

meja gambar a0
Meja Gambar Teknik dgn Ukuran Kertas A0

Detail Ukuran Dari Kertas A0

Hal pertama di mana harus anda ketahui adalah detail ukuran kertas A0. Hal ini penting untuk diperhatikan karena dalam pemilihan kertas, detail ukuran harus senantiasa diperhatikan agar anda tidak salah dalam memilih kertas untuk memenuhi kebutuhan anda. Dalam hal ini, detail ukuran dari A0 dalam sentimeter adalah 84,1 x 118,9 cm. Sedangkan dalam hitungan inch, ukuran kertas ini adalah 33,11 x 46,81 inch.

Jika dilihat sekilas maka kertas ini menjadi salah satu kertas paling besar dan lebar yang tersedia di pasaran. Dengan panjang lebih dari 1 meter, tentu saja anda bisa menggunakannya untuk mencetak beragam jenis pamflet atau selebaran. Namun, tentu saja, ukuran yang besar dari produk kertas ini berimplikasi pada harga yang harus disiapkan pada saat hendak membelinya. Lantas, berapa harga dari kertas A0 yang satu ini di pasaran?

Harga Kertas A0

Mengenai harga, tentu saja ada beberapa perbedaan detail harga dari produk kertas A0 yang anda cari. Perbedaan harga tersebut biasanya dipengaruhi oleh berapa gram spesifikasi dari kertas tersebut. Sama seperti kertas HVS pada umumnya, kertas A0 juga terdiri dari beberapa pilihan, seperti 70 gram, 80 gram dan 90 gram. Namun, biasanya, kertas A0 yang digunakan adalah kertas 80 gram. Di pasaran, harga dari kertas tersebut adalah sekitar Rp 220,000 satu rol. Tentu saja, harga tersebut bisa saja berbeda tergantung dari volume atau jumlah kertas A0 yang dijual dalam paket tersebut.

  • Kegunaan Kertas A0

Memang, karena ukuran kertas A0 yang begitu besar kertas ini cenderung cukup jarang digunakan dalam berbagai kebutuhan harian dari masyarakat. Namun, kertas A0 digunakan untuk keperluan tertentu. Beberapa keperluan yang menggunakan kertas A0 sebagai media adalah selebaran berukuran besar. Selebaran ini biasanya dibuat untuk promosi kegiatan ataupun acara dari suatu organisasi masyarakat. Dengan menggunakan kertas A0, maka kegiatan yang hendak diadakan tentu akan lebih mudah untuk diketahui oleh khalayak umum. 

Selain itu, kertas A0 juga cukup sering digunakan untuk pembuatan peta datar. Ukuran kertas yang cukup besar terutama pada saat dibuat landscape, akan memudahkan seseorang untuk mencetak peta dengan jelas. Namun, tentu saja, untuk peta, maka jenis kertas yang digunakan adalah berbeda sesuai dengan ketebalannya. Perlu diketahui bahwa di pasaran terdapat beragam jenis kertas A0 dengan detail yang berbeda di mana bisa digunakan untuk keperluan yang berbeda pula.
Dari beberapa penjelasan di atas, produk kertas A0 memang menjadi salah satu jenis kertas yang banyak digunakan dan bisa diaplikasikan untuk beragam kebutuhan yang berbeda. Lantas, dengan ukuran kertas A0 yang besar, di mana kita bisa membelinya? Tentu, tidak semua toko alat tulis memiliki stok kertas A0 karena memang kertas ini cukup jarang digunakan. Jika anda ingin membeli kertas A0, maka pastikan anda mendatangi toko kertas khusus atau agen besar di kota anda yang menjamin ketersediaan. Selain itu, jika anda ingin transaksi yang mudah, maka anda bisa menggunakan beberapa platform e-commerce untuk belanja kertas A0 melalui pasar online.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel