Ukuran Kertas A3 Cm, Kegunaan Dan Jenisnya

A3 merupakan salah satu ukuran kertas yang cukup banyak digunakan masyarakat dalam kebutuhannya sehari-hari. Dalam hal ini, kita tentu tahu bahwa A3 bisa ditemukan dengan cukup mudah di pasaran. Beberapa toko menyediakan kertas ini dengan jumlah satuan juga dalam bentuk bendel atau buku. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas beberapa hal terkait ukuran kertas A3 cm. Mengetahui detail ukuran dari A3 tentu saja cukup penting agar anda tidak salah dalam memilih dan bisa memperkirakan ukuran detail dari kertas ini.

Kertas Sablon Ukuran A3
Kertas Sablon Ukuran A3

Selain itu, hal cukup penting dalam pembahasan ini adalah fungsi serta jenis dari kertas A3 tersebut. Dengan mengetahui fungsi serta jenis kertas yang tersedia, tentu saja anda bisa mendapatkan alasan tepat kenapa anda perlu membeli kertas ini. Nah, simak beberapa detail mengenai kertas A3 di bawah ini. Selamat membaca.

Ukuran Detail A3

Lalu, bagaimana dengan ukuran detail dari kertas A3 ini? Membahas ukuran kertas A3, maka kita akan membahasnya dalam beberapa detail ukuran yang berbeda. Jika dipandang secara sekilas, A3 memiliki ukuran setengah dari ukuran kertas A2 dan seperempat dari ukuran A1 serta seperdelapan dari ukuran A0. Adapun beberapa detail mengenai ukuran dari kertas ini adalah sebagai berikut:
 Ukuran A3 dalam mm adalah 297 x 420 milimeter
 Ukuran A3 dalam cm adalah 29,7 x 42,0 sentimeter
 Ukuran A3 dalam inch adalah 11,69 x 16,54 inch
Dengan mengetahui detail dari ukuran A3 dengan satuan yang berbeda tersebut, tentu saja anda bisa memperkirakan berapa ukuran dari kertas tersebut. Tentu, hal ini akan sangat membantu terutama untuk mengetahui fungsi dari kertas A3.

Fungsi Kertas A3

Setiap kertas dengan perbedaan ukuran dibuat dengan fungsi yang berbeda-beda. Hal inilah yang harus anda pahami agar tidak keliru mencari jenis kertas untuk kepentingan anda. Kertas A3 memang termasuk salah satu ukuran kertas yang paling banyak digunakan. Adapun beberapa fungsi dari kertas ini adalah sebagai berikut:
Media Gambar
A3 merupakan salah satu ukuran kertas yang sangat baik dan tepat untuk media gambar. Banyak acara perlombaan menggambar yang diselenggarakan dan menggunakan kertas A3 sebagai media. Dalam hal ini, memang, ukuran A3 termasuk yang pas untuk menggambar karena tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Di pasaran sendiri juga ada buku gambar dengan ukuran A3.
Media Cetak Selebaran
A3 juga bisa digunakan untuk mencetak selebaran acara. Hal ini dikarenakan ukuran A3 yang pas dan tidak terlalu besar. Dengan ukuran tersebut, detail mengenai desain dari selebaran bisa ditampilkan dengan sangat baik.
Media Cetak Foto
Kegunaan lain dari kertas dengan ukuran A3 adalah untuk mencetak foto. A3 bisa dikatakan cukup besar jika digunakan untuk mencetak foto. Namun, tentu akan ada kepuasan tersendiri untuk mencetak foto dengan ukuran A3. Nah, biasanya, kertas A3 digunakan untuk mencetak foto keluarga atau foto tokoh.

Jenis Kertas A3

Beberapa penjelasan di atas memberikan gambaran ringkas mengenai ukuran kertas A3 cm dan fungsi dari kertas tersebut. Hal lain selain ukuran kertas A3 yang perlu dipahami adalah jenis dari kertas tersebut. Dalam hal ini, ada beberapa jenis kertas yang ada di pasaran dan bisa dibedakan menurut karakteristik dan ketebalan. Adapun beberapa jenis kertas tersebut misalnya HVS, Ivory, Art Paper, Art Carton, dan lainnya.

Nah, demikian pembahasan mengenai detail ukuran kertas A3 cm dan beberapa hal penting lainnya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel