Ukuran Kertas Polaroid Dan Beberapa Jenis Kertasnya

Mungkin beberapa orang masih awam dengan istilah kertas polaroid yang muncul dewasa ini. Ya, memang, jika dibandingkan dengan jenis kertas lainnya, polaroid termasuk baru muncul sehingga wajar jika orang awam belum tahu detail dan kegunaan dari kertas ini. Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa polaroid adalah kertas yang banyak digunakan untuk mencetak foto. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai ukuran kertas polaroid serta beberapa jenis kertasnya.
kertas polaroid
Kertas Polaroid refil
Perlu diketahui bahwa ketika anda hendak mencetak foto, maka anda harus menggunakan jenis kertas yang berbeda. Hal ini dikarenakan foto membutuhkan kertas yang lebih tebal dan glossy untuk memberikan hasil cetakan foto yang lebih baik dan tajam serta tidak mudah luncur. Nah, simak beberapa pembahasan mengenai kertas polaroid dan beberapa jenisnya di bawah ini. Selamat membaca.

Ukuran Detail Kertas Polaroid

Pada pembahasan pertama, kita akan membahas tentang detail ukuran kertas polaroid. Mengetahui detail dari ukuran kertas ini merupakan hal penting. Dengan mengetahui ukuran tersebut, maka anda bisa memperkirakan ukuran riil dari polaroid dan mengantisipasi adanya kesalahan dalam pembelian kertas tersebut. Lantas, bagaimana ukuran dari kertas yang satu ini sebenarnya?

Dalam hal ini, foto polaroid standard yang banyak digunakan adalah 7,7 x 9,3 cm. Ini adalah ukuran standard yang paling sering digunakan, namun ukuran tersebut tidak mutlak. Hal ini dikarenakan anda bisa melakukan setting tersendiri menggunakan perangkat komputer anda dan menyesuaikan foto separuh ukuran 3R atau 12,7 x 8,9 cm dan kemudian nantinya di potong.

Memang, jika dilihat dari ukuran, foto polaroid tidaklah cukup besar. Hal ini cukup beralasan karena biasanya foto polaroid digunakan sebagai post card. 

Jenis Kertas Foto Terbaik

Dari penjelasan mengenai ukuran kertas polaroid di atas, kita bisa melihat bahwa fungsi kertas ini sebenarnya adalah untuk mencetak foto. Nah, demi mendapatkan hasil cetakan foto paling baik dan sempurna, maka kertas harus dipilih secara khusus -meskipun nantinya dipotong dengan ukuran polaroid. Di pasaran, terdapat cukup banyak pilihan jenis kertas foto untuk dipilih. Adapun beberapa jenis kertas tersebut adalah sebagai berikut:

Glossy

Membahas tentang jenis kertas polaroid yang cocok untuk mencetak foto, anda bisa memilih kertas glossy. Ini memang menjadi salah satu produk kertas foto terbaik yang paling banyak digunakan. Kertas ini menarik karena memiliki kualitas idaman. Adapun kualitas dari kertas glossy adalah halus tanpa tekstur, mengkilap, reflektif, kualitas tajam, warna cerah dan lainnya. Dengan mencetak menggunakan kertas glossy, maka foto akan terlihat lebih berwarna.

Matte

Matter merupakan salah satu jenis kertas foto yang juga mulai banyak digunakan. Kertas ini memiliki tekstur yang halus serta mengkilap. Selain itu, kontras warna dari kertas ini lumayan rendah namun memiliki kelebihan pada tekstur cetak yang akan memberikan hasil cetakan lebih timbul. Hal menarik lain dari tipe kertas ini adalah matter tidak mudah tergores dan bisa digunakan sebagai bingkai foto yang terlihat profesional.

Luster

Luster juga merupakan jenis kertas foto yang cukup banyak digunakan. Kertas ini sangat elegan karena memiliki ketajaman seperti mutiara dan memiliki saturasi yang kaya warna. Nah, permukaan kertas ini begitu halus namun tidak akan menyilaukan.
Ketahui Juga Ukuran Kertas Berikut:
Dari beberapa penjelasan di atas kita bisa melihat detail dari ukuran kertas polaroid serta beberapa jenis kertas yang tepat untuk mencetak foto. Dengan adanya pilihan tersebut tentu saja anda akan lebih leluasa untuk memilih kertas foto demi hasil cetakan yang lebih optimal. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel