Ukuran Kertas F4 Inch Dibanding Kertas Hvs Lain

Ketika kalian memiliki sebuah tugas untuk mengetik dan mengeprint tulisan dalam sebuah kertas berukuran F4, mungkin kalian akan sedikit kebingungan karena tidak ada pilihan kertas ukuran F4 di dalam Ms. Word. Dalam istilah lain, kertas F4 sama dengan kertas folio. Namun, sangat penting untuk mengetahui ukuran kertas F4 inch. Untuk itu, kami akan membahasnya lebih jauh dalam artikel ini. Selain itu, kalian juga harus tahu perbedaan antara kertas ukuran F4 dengan kertas lain sehingga tidak bingung lagi dalam membedakannya.

Ukuran Kertas F4 Inch Dibanding Kertas Hvs
Cara Membandingkan Ukuran Kertas F4 Inch dengan Kertas A4

Apakah Kertas F4 Sama dengan Folio?

Kertas F4 memang tidak populer di negara lain selain Indonesia. Selain dikenal dengan istilah kertas F4, kertas ini juga sering disebut dengan kertas folio. Jadi, kertas F4 sama dengan kertas folio. Lalu, berapa ukuran dari kertas ini? Kertas ukuran F4 inci adalah memiliki lebar 8,5 inci dan panjang 13 inci. Dalam satuan centimeter, kertas ini memiliki ukuran lebar 21,6 cm dan panjang 13 cm. Ada juga orang yang menyebutnya dengan istilah kertas HVS panjang karena memang ukurannya lebih panjang dari kertas HVS pada umumnya.

Perbedaan Kertas F4 dengan A4, Kuarto, Legal dan Letter

Dalam Ms. Word, ukuran kertas F4 tidak ditemukan. Sayangnya, banyak orang salah sangka dengan mengatakan bahwa kertas F4 sama dengan kertas Legal. Padahal, kertas Legal memiliki ukuran 21,6 cm x 35,6 cm. Jika dalam satuan inci, kertas Legal berukuran 8,5 inci x 14 inci. Dari perbedaan tersebut, sangat jelas jika ukuran kertas F4 inch cukup jauh berbeda dengan kertas Legal. Lebih lagi, kertas F4 sering digunakan di Indonesia sedangkan kertas Legal digunakan di Amerika.

Lain halnya dengan kertas Letter, kertas ini sangat jauh berbeda dengan kertas F4 atau folio. Bahkan, kertas Letter lebih mirip dengan kertas Kuarto karena ukurannya hanya terpaut beberapa millimeter saja. Ukuran kertas Letter adalah 21,6 cm x 27,9 cm / 8,5 in x 11 in sedangkan ukuran kertas kuarto adalah 21,6 cm x 27,5 cm / 8,5 in x 10,8 in. Bedanya, kertas Letter sering dipakai di Amerika sedangkan kertas Kuarto lebih sering digunakan di Inggris. Satu lagi yang mirip dengan kertas Letter dan Kuarto yaitu kertas A4 dengan ukuran 21 c, x 29,7 cm / 8,3 in x 11,7 in. Yang pasti, ketiganya berbeda dengan ukuran kertas folio inch.

Melakukan Custom Size Kertas F4 di Ms. Word

Banyak orang yang menggunakan kertas Legal di Ms. Word lalu diprint dengan kertas F4. Memang dalam beberapa kasus hal ini tidak menjadi masalah. Akan tetapi, jika tulisan tersebut memenuhi halaman kertas Legal, maka akan timbul masalah yaitu beberapa baris tulisan di kertas Legal tidak tercetak pada kertas F4. Sebagai solusinya, kalian harus melakukan custom size sendiri pada Ms. Word.

Untuk melakukan custom size, kalian harus mengetahui ukuran kertas F4 inch seperti yang sudah dijelaskan di atas. Kemudian, ubahlah ukuran kertas di Ms. Word menjadi 21,5 cm x 33 cm. Dengan begitu, kalian kalian tidak perlu khawatir dan bingung lagi jika ada tugas untuk mengetik dan mencetak dokumen menggunakan kertas F4 atau kertas folio. Biasanya, kertas F4 sering digunakan dalam berbagai keperluan seperti membuat laporan, mencetak lembar soal, dll.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel