Ukuran Kertas Folio Yang Benar

Dalam dunia percetakan, kita harus tahu mengenai ukuran-ukuran kertas. Kadang, kita dibuat bingung dengan berbagai ukuran kertas yang berbeda karena selisihnya tidak terlalu besar. Salah satu yang harus kita pahami adalah ukuran kertas folio. Faktanya, kertas ini ternyata hanya populer di Indonesia dan sebagian negara di Asia Tenggara. Sedangkan di luar negeri khususnya di Eropa dan Amerika, maka kertas folio ini hampir tidak pernah kita jumpai. Meskipun sering digunakan di Indonesia, namun ternyata masih banyak orang yang belum mengerti betul tentang kertas ini.

double folio bergaris
Kertas double folio bergaris

Kertas Folio Bergaris dan Polos

Di Indonesia, kita sering menjumpai kertas folio yang bergaris-garis seperti buku tulis namun berukuran lebih besar. Akan tetapi, ada juga kertas ukuran folio yang berwarna putih polos tanpa garis seperti kertas HVS pada umumnya. Kertas folio dengan warna putih polos tanpa garis ini lebih sering disebut dengan istilah kertas F4. Maka, ketika kalian ingin membeli kertas HVS dengan ukuran folio, maka pada bagian cover pasti ada tulisan kode F4. Kertas ukuran folio bergaris biasanya digunakan untuk membuat laporan atau pembukuan dalam tulisan manual sedangkan kertas folio polos digunakan untuk pengetikan.

Kertas Folio Vs Kertas Double Folio

Biasanya, kertas folio bergaris yang kita jumpai pasti dicetak dalam bentuk berpasangan atau 2 lembar, seperti halnya bagian tengah pada buku tulis. Artinya, kertas ini adalah kertas double folio yang mana ukurannya adalah 2 kali lipat lebih besar dari kertas folio. Jika ukuran kertas folio adalah 21,5 cm x 33 cm, maka kertas double folio memiliki ukuran 33 cm x 43 cm. Jika kita membagi kertas double folio tersebut menjadi 2, maka menjadi kertas folio bergaris. Ada juga kertas double folio polos yang dikenal dengan istilah kertas F3, karena ukurannya adalah 2 kali lipat dari kertas F4 (folio).

Macam Varian Ukuran Kertas Folio

Produsen kertas kadang membuat kertas HVS ukuran folio tidak sama antara satu pabrik dengan pabrik lainnya. Misalnya, satu pabrik membuat kertas folio dengan ukuran 21,5 cm x 33 cm. Namun pabrik lain membuatnya sedikit lebih kecil menjadi 21 cm x 33 cm atau lebarnya terpaut ½ cm. Perbedaan kecil ini memang tidak menimbulkan masalah baik dalam pengetikan maupun printing. Namun, sebaiknya kalian melakukan printing dengan kertas folio yang memiliki merk sama agar tidak terjadi perbedaan ukuran kertas.

Menggunakan Kertas Folio di Ms. Word

Ketika kalian mengetik menggunakan Ms. Word, kalian mungkin bingung karena tidak menemukan ukuran kertas folio atau F4. Akan tetapi, Ms. Word memperbolehkan kita untuk melakukan custom size. Artinya, kita bisa membuat ukuran kertas sendiri sesuai keinginan kita. Setelah memperhatikan penjelasan di atas, kalian bisa membuat custom size ukuran kertas folio dengan lebar 21,5 cm dan panjang 33 cm.

Salah Paham antara Kertas Folio dengan Kertas Legal

Dalam Ms. Word, ada pilihan kertas Legal yang sering membuat banyak pengguna salah paham karena dianggap sama dengan kertas folio atau F4. Padahal, kertas Legal memiliki ukuran yang berbeda cukup jauh khususnya pada ukuran panjang. Ukuran kertas legal adalah 21.59 cm x 35.56 cm sedangkan ukuran kertas folio hanya 21,5 cm x 33 cm. Selisih yang lebih dari 2 cm ini bisa menjadi masalah dalam percetakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel