Standar Ukuran Kertas F4 Dalam Inci

Bagi sebagian orang, istilah kertas F4 mungkin masih cukup asing di telinga. Padahal, kertas F4 adalah salah satu kertas yang paling sering digunakan dalam percetakan khususnya di Indonesia. Kertas F4 sering digunakan dalam berbagai macam keperluan seperti pembuatan pengumuman, kertas soal ujian, dan masih banyak lagi contoh lainnya. Akan tetapi, mereka lebih familiar dengan istilah kertas folio. Yang pasti, baik kertas F4 maupun kertas folio adalah sama. Lalu, berapakah ukuran kertas F4 dalam inci? Itulah yang akan kita bahas lengkap dalam artikel ini.


Ukuran Kertas F4 Dalam Inci
Ukuran Kertas F4 adalah 8,27 x 12,999 inch menurut ISO

Ukuran Kertas F4 menurut ISO

Pada dasarnya, ukuran suatu kertas meliputi ukuran panjang dan juga ukuran lebar pada suatu kertas. Satuan dasarnya adalah millimeter (mm) sebagaimana sudah ditetapkan oleh International Organization for Standardization (ISO). Namun, ukuran kertas bisa dikonversikan ke dalam satuan lain termasuk ukuran kertas F4 dalam in. Selain dalam satuan mm dan in, ukuran kertas juga kadang menggunakan satuan cm, khususnya di Indonesia. Standard ukuran suatu kertas berlaku di seluruh dunia sehingga kertas F4 di Indonesia dan di luar negeri memiliki ukuran yang sama.

Perbandingan Kertas F4 dan Kertas F lainnya

Kertas jenis F terdiri dari berbagai pilihan berdasarkan ukurannya. Maka, akan ada kertas F0 yang merupakan ukuran terbesar hingga F10 yang merupakan ukuran terkecil. Cara penghitungannya sebenarnya sederhana. Ukuran kertas F berturut-turut dari 0 adalah dengan membagi dua atau separuh dari kertas sebelumnya. Misalnya, kertas F4 berukuran separuh dari kertas F3. Begitu juga ukuran kertas F4 dalam inci adalah dua kali lipat dari kertas F5. Jadi, jika kalian tahu ukuran kertas F4, maka kalian bisa menghitung ukuran kertas jenis F lainnya.

Ukuran Kertas F4 dalam MM, CM dan Inci

Sekarang, kita akan membandingkan kertas ukuran F4 dalam inci dengan ukuran dalam satuan cm dan juga mm. Sebagai informasi, kertas F4 memiliki ukuran sebesar 8,27 in x 12,99 in. Artinya, lebar dari kertas F4 adalah 8,27 inci sedangkan panjangnya adalah 12,99 inci. Terkadang, panjangnya dibulatkan menjadi 13 inci.

Untuk ukuran dalam satuan lain, kalian tinggal menghitungnya sendiri atau secara manual dengan rumus 1 inci sama dengan 2,54 cm dan 1 cm sama dengan 10 mm. Jadi, dalam satuan centimeter kertas F4 memiliki ukuran sebesar 21 cm x 33 cm sedangkan dalam satuan millimeter adalah sebesar 210 mm x 330 mm.

Ukuran Kertas F4 di Negara Lain

Karena sudah diatur dan disahkan oleh ISO, maka tak ada bedanya antara satu negara dengan negara lain dalam hal ukuran kertas F4. Akan tetapi, memang ada sebagian negara yang memang sedikit berbeda dalam mendefinisikan kertas F4. Bagi sebagian negara tersebut, kertas F4 memiliki ukuran sebesar 215 mm x 330 mm. Meski begitu, perbedaannya tidak terlalu mencolok karena hanya terpaut beberapa millimeter saja dari standar yang ada.

Kesimpulannya, secara garis besar ukuran kertas F4 adalah 210 mm x 330 mm. Jika dikonvert ke dalam satuan inci maka ukuran kertas F4 dalam inci menjadi 8,27 in x 12,99 in. Beberapa orang membulatkannya menjadi 8,27 in x 13 in. Meski ada beberapa negara yang berbeda, akan tetapi secara standar internasional tetap sama. Kertas yang juga sering disebut kertas folio ini masih menjadi salah satu ukuran kertas paling populer dan sering digunakan di Indonesia baik dalam sekolahan, kampus, perkantoran, bisnis, dll.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel