Ukuran Kertas A6, Variasi Dan Penggunaannya

Ukuran kertas seri A merupakan salah satu ukuran yang paling banyak digunakan untuk berbagai kepentingan tidak hanya di Indonesia akan tetapi seluruh dunia. Sesuai kegunaannya, kertas seri A juga memiliki beragam ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan seseorang. Salah satu ukuran kertas seri A sendiri adalah ukuran kertas A6. Memang ukuran kertas ini tidak begitu familiar bagi masyarakat umum karena kebanyakan masyarakat menggunakan kertas seri A ini yang jenis A4. Hal itu disebabkan karena ukuran A4 sering digunakan untuk keperluan tugas sekolah, kuliah, atau laporan kerjaan. Oleh karena itu, tidak heran apabila jenis kertas A4 yang paling banyak dan laris digunakan oleh masyarakat umum. 

Ukuran Kertas foto A6
Ukuran Kertas Foto A6 Blueprint

Akan tetapi, ada salah satu jenis kertas lain yang juga tidak kalah pentingnya seperti kertas A4 yaitu jenis A6. Kertas ukuran ini memang ukurannya sangat kecil akan tetapi memiliki berbagai fungsi yang cukup banyak. Oleh karena itu, meskipun jarang digunakan kita juga wajib mengetahui kertas ukuran A6 agar nantinya tidak bingung untuk membedakan dengan jenis-jenis kertas lainnya. Apalagi jika kita merupakan salah satu pegawai disebuah percetakan atau tempat fotokopian maka mengetahui ukuran-ukuran kertas serta perbedaannya sangat penting agar para pelanggan terpuaskan dengan pelayanan anda. Untuk itu, mengetahui seberapa kecil ukuran A6 ini perlu kita ketahui agar para pelanggan benar-benar percaya jika ada keperluan dengan ukuran kertas tersebut.

Ukuran kertas A6 dalam berbagai konversi ukuran mm, Cm, ataupun Inch

Pada umumnya, ukuran kertas ini sudah memiliki ISO dimana ukuran kertas sudah dipatenkan dalam dunia internasional. Oleh karena itu, mengetahui ukuran kertas A6 perlu kita lihat ISOnya agar sesuai dengan aturan yang ada. Didalam aturan ISO, satuan yang digunakan adalah mm (milimeter). Oleh karena itu, jika ada seseorang yang menanyakan dengan satuan Cm, maka kita perlu mengkonversinya terlebih dahulu. Untuk mengkonversi dari millimeter ke centimeter, biasanya kita hanya perlu membaginya dengan angka 10. Untuk ukuran kertasnya biasanya diukur dengan melihat ukuran panjang dan lebar kertas. Untuk ukuran A6 ini, memiliki ukuran luas 1/4 dari kertas A4. Dengan kata lain, jika anda memiliki ukuran kertas A4 maka bisa dibagi menjadi empat atau ukuran A6 ini merupakan setengah dari ukuran kertas A5. 

Perbandingan kertas seri A ini memang cukup mudah karena perbandingan kertas-kertasnya menggunakan prinsip kelipatan rasio tunggal. Prinsip ini memungkinkan penggunaan kertas menjadi lebih optimal dan memudahkan para pengguna kertas memperoleh ukuran kertas yang mereka inginkan dalam keadaan kepepet sekalipun. Oleh karena itu, jika anda memiliki tugas untuk membuat tugas anda dari kertas ukuran A6, maka anda bisa membagi kertas A4 menjadi 4 bagian atau kertas A5 menjadi 2 bagian. 

Penggunaan ukuran kertas A6

Apabila kita sudah mengetahui ukuran kertas tersebut, maka mengetahui penggunaan dari ukuran A6 ini juga sangat penting agar anda nantinya tidak bingung. Meski berukuran kecil, kertas ini memiliki berbagai macam fungsi sehingga secara professional kita akan sangat mudah untuk menemukan kertas ukuran ini. Beberapa keperluan dari ukuran ini sendiri adalah digunakan untuk percetakan pamflet, selebaran, kartu nama, nota belanja, kwitansi, dan lain sebagainya. 

Dengan mengetahui kegunaan ukuran kertas A6, maka kita tidak perlu bingung saat memotong kertas ke ukuran A6. Jika anda ingin mencetak dengan Microsoft words, anda juga bisa mengaturnya dengan cukup mudah karena anda hanya perlu menyettingnya secara manual dengan bagian pemilihan Paper size.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel