Inilah Jenis Ukuran Kertas Karton Untuk Percetakan

Jenis kertas sangatlah banyak sekali. Ketika kita masuk ke toko alat tulis, disana pasti tersedia berbagai jenis kertas, dengan ukuran dan tekstur yang berbeda-beda. Ada yang untuk menggambar, menulis lapora, cetakan ijazah dan masih banyak lainnya. Salah satu jenis kertas, yang sering kita temui adalah kertas karton. Kertas karton umumnya memiliki ketebalan yang lebih besar dibandingkan jenis kertas lainnya. Untuk ukuran kertas karton pun bermacam-macam. Ada yang kedil dan besar.

kertas karton art paper
Kertas karton art paper

Ketika membuat suatu karya tangan pun, banyak yang memakai kertas karton. Misalnya untuk membuat tempat pensil, kardus kecil, tempat makanan, kartu nama dan masih banyak lainnya. Kertas karton memiliki warna yang banyak sekali. Yang paling popular, warna cokelat. Kertas karton ini juga ramah lingkungan, karena bisa di daur ulang kembali.

Jenis-jenis karton di pasaran

Supaya lebih paham, anda harus tahu jenis kertas karton yang ada di pasaran. Karena jenis kertas ini, tidak hanya satu saja tapi banyak. Dengan ukuran dan ketebalan yang berbeda-beda. Mari kita bahas satu persatu di bawah ini:

  • Kertas karton duplex
Kertas karton duplex memiliki ketebalan yang besar. Dibagian sisi satunya berwarna abu-abu dan yang satunya putih atau cokelat. Jenis kertas ini sering digunakan untuk alat buku nota, box packaging dan masih banyak lainnya. Bahkan sering digunakan untuk hasil karya kerajinan tangan lainnya. Harganya cukup murah. Ada yang berukuran 250 gram, 310 gram, 350 gram dan 400 gram. Ini berdasarkan ketebalan dari kertasnya.

  • Kertas karton ivory
Kertas karton ivory ini juga sering digunakan untuk membuat bungkus makanan. Karena tektursnya tebal dan tidak mudah rusak. Kedua sisinya berwarna sama, tapi teksturnya berbeda. Yang bagian luar lebih halus dan bagian lainnya kasar. Box makanan sebagian besar memakai jenis ini. Terlihat lebih ekslusif dan bersih. Bahan yang digunakan untuk membuat kertas ivory aman untuk makanan. Gramnya ada yang beratnya 250 gram, 300 gram dan 350 gram.

  • Kertas karton art paper
Ukuran kertas karton ini bermacam-macam. Ada yang kecil dan besar. Sering digunakan untuk cetak brosur, majalah dan juga box makanan. Jenis art paper ini memiliki ciri-ciri warna kedua sisi sama dan teksturnya mengkilap halus. Oleh karena ini, banyak yang memakai kertas ini untuk box makanan. Ukurannya banyak, ada yang 150 gram, 210 gram, 310 gram dan 400 gram. Harganya pun bermacam-macam.

  • Kertas karton yellow board
Kertas karton yellow board memiliki ketebalan yang paling tinggi dibandingkan kertas karton lainnya. Tingkat ketebalannya biasa disebut dengan yb 25, 30 atau 40. Semakin tinggi nilainya akan semakin tebal pula ketebalannya. Sering digunakan untuk box souvenir, undangan hard cover, box cincin dan lainnya. Harganya pun lebih mahal dibandingkan jenis lain.
Dapat disimpulkan, kalau kertas karton merupakan jenis kertas yang tebal. Tidak hanya untuk menulis, tapi juga digunakan untuk membuat kerajinan tangan dan box. Dapat digunakan untuk membuat box makanan, souvenir dan box packging lainnya. Kardus pun ada yang terbuat dari bahan kertas karton. Untuk pilihan ukurannya, lebih lebar. Kalau ukuran kecil sulit dicari di indonesia. Rata-rata berukuran besar. Kecuali anda membeli kardus yang sudah jadi.
Dengan memahami ukuran kertas karton ini, anda jadi tahu jenis kertas apa yang dibutuhkan. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel