Memahami Ukuran Kertas F4 Dalam MM Dengan Benar

Ketika hendak menulis dalam komputer ataupun mencetak suatu dokumen, tentu kita harus memastikan bahwa ukuran kertas yang digunakan sudah sesuai. Dari berbagai ukuran kertas yang ada, salah satu yang paling sering digunakan adalah kertas F4. Jika kalian tidak tahu apa itu kertas F4, ini merupakan kertas yang biasa kita sebut dengan kertas folio. Jadi, baik kertas F4 ataupun kertas folio adalah sama saja. Pada dasarnya, ukuran kertas ditulis dalam satuan millimeter (mm). Jadi, kita akan membahas masalah ukuran kertas F4 dalam mm.
ukuran kertas f4 dalam mm
Ukuran kertas F4 adalah 215 x 330 mm

Ukuran Kertas F4 dalam MM Menurut ISO

International Organization for Standardization atau kita kenal dengan singkatan ISO telah menetapkan ukuran berbagai macam kertas. Untuk kertas ukuran F4 dalam mm, ukuran standarnya adalah dengan panjang 330 mm dan lebar 210 mm. Karena ini merupakan standar internasional, seharusnya semua negara mengikuti aturan baku ini dan tidak ada perbedaan dalam satu negara dengan negara lainnya.

Ukuran Kertas F4 dari Beberapa Produsen Kertas

Kertas F4 bisa dibilang hanya populer di negara-negara Asia Tenggara khususnya Indonesia yang merupakan pengguna kertas F4 terbanyak. Meski sudah ditetapkan oleh ISO, namun pada kenyataannya tetap ada perbedaan ukuran bahkan sama-sama di Indonesia. Hal tersebut disebabkan oleh produsen kertas yang membuatnya. Meski mayoritas menaati ukuran sesuai standar dari ISO, namun faktanya ada beberapa produsen kertas yang membuat kertas F4 dengan ukuran 210 mm x 330 mm. Misalnya adalah produsen kertas PaperOne. Namun, perbedaan itu sangat kecil karena hanya terpaut ½ mm sehingga sekilas tidak akan terlihat jika tidak diukur secara teliti.

Ukuran Kertas F4 dalam Microsoft Word

Dalam Microsoft Word, ada berbagai jenis pilihan kertas dalam bermacam-macam ukuran. Akan tetapi, kalian tidak akan menemukan kertas F4. Namun, setelah mengetahui ukuran kertas F4 dalam mm, maka kalian tak perlu khawatir lagi. Kalian bisa mengubahnya secara manual dengan cara custom size. Untuk menyesuaikannya, maka kalian bisa melakukan custom size pada Ms. Word dengan ukuran 21,5 cm x 33 cm. Maka, ketika kalian akan mencetak dokumen tersebut, maka hasilnya tetap sama dan tidak terjadi kekacauan dalam format penulisan yang membuat tulisan jadi berantakan.

Kertas F4 tidak masuk dalam pilihan di Ms. Word karena memang tidak banyak negara yang menggunakan kertas ukuran ini. Faktanya, hanya di negara-negara Asia Tenggara saja kertas ini populer. Bahkan, Indonesia adalah negara dengan pengguna kertas F4 terbanyak di dunia. Karena kurang populer di berbagai negara, maka tak heran jika kertas F4 tidak kita temui dalam pilihan di Ms. Word. Namun, hal tersebut tidak menghalangi kita untuk tetap menggunakan kertas F4 dalam berbagai keperluan seperti membuat soal ujian, kertas pengumuman, dll. Dengan mengetahui ukuran kertas F4 dalam millimeter, maka kita bisa membuat custom size pada Ms. Word sesuai dengan ukuran standar kertas F4.
Jadi, apakah kalian sudah paham tentang ukuran kertas F4 dalam mm? Dengan memahaminya, kini kalian tidak perlu bingung lagi jika memiliki tugas untuk menulis atau mengetik pada kertas F4 pada komputer. Kalian pun bisa mengetahui secara pasti ukuran kertas F4 sehingga tidak akan salah saat ingin membelinya. Mudah-mudahan ini menjadi referensi yang bermanfaat untuk kalian semua khususnya dalam dunia percetakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel