Ukuran Kertas A2, Kegunaan Dan Ragam Jenis Kertas

Salah satu ukuran kertas yang cukup banyak tersedia di pasaran adalah A2. Jika dilihat secara sekilas, ukuran kertas A2 adalah setengah dari kertas A1 atau seperempat dari kertas A0. Kertas ini tersedia dan bisa ditemukan dengan cukup mudah di pasaran. Namun, mengenai penggunaan, memang kertas ini tidak digunakan sebanyak kertas A4 serta A5 dalam kebutuhan sehari-hari. Hal ini dikarenakan ukuran dari kertas tersebut yang belum terlalu familiar di kalangan masyarakat.

Kertas lukis cat air ukuran A2
Kertas Lukis cat air ukuran A2 Harga Rp 3ribu/lbr

Detail Ukuran Kertas A2

Memang, secara singkat ada penjelasan mengenai ukuran dari kertas ini di penjelasan sebelumnya. Namun, bagaimana detail dari ukuran A2 tersebut? Tentu saja kita wajib untuk mengetahui detail ukuran tersebut agar bisa membandingkan ukuran kertas sebelum menggunakannya. Adapun detail dari ukuran tersebut adalah sebagai berikut:

  • Ukuran A2 dalam mm adalah 420 x 594 milimeter
  • Ukuran A2 dalam cm adalah 42,0 x 59,4 sentimeter
  • Ukuran A2 dalam inch adalah 16,54 x 23,39 inch
Dengan mengetahui ukuran tersebut, maka kita bisa memperkirakan besaran dari kertas A2 tersebut. Tentu saja, detail ukuran kertas A2 tersebut dapat membantu anda untuk memperkirakan untuk apa kertas A2 ini saat hendak digunakan untuk mencetak.

Kegunaan Kertas A2

Setiap kertas tentu saja memiliki kegunaannya masing-masing tergantung dari ukuran kertas tersebut. Nah, dalam hal ini, kita membahas tentang ukuran kertas A2. Lalu, apa kegunaan dari kertas tersebut? Ada beberapa kegunaan dari kertas A2 dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Adapun beberapa kegunaan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Kertas A2 biasanya digunakan untuk mencetak peta atau poster dengan ukuran yang sangat pas dan presisi di mana bisa digunakan untuk banyak instansi.
  • Kertas A2 juga bisa digunakan untuk mencetak foto dengan ukuran besar di mana foto tersebut biasanya adalah foto pahlawan, tokoh, pasangan, keluarga besar atau lainnya.
Tentu saja masih banyak kegunaan dari kertas A2 ini yang bisa dimanfaatkan dalam mencetak sesuatu. Namun, untuk mendapatkan hasil cetakan yang sesuai berukuran A2, maka sebaiknya anda juga berusaha memilih jenis kertas yang tepat. Di pasaran terdapat cukup banyak jenis kertas yang bisa dipilih dengan mudah. Adapun beberapa jenis kertas tersebut adalah sebagai berikut:
Ivory
Jenis kertas pertama yang banyak digunakan adalah ivory. Ivory merupakan kertas yang unik karena memiliki satu sisi licin sementara sisi lainnya hadir tanpa adanya coating. Dalam hal ini, ivory seringkali digunakan untuk pembuatan paper bag, dos kosmetik dan lainnya. Kegunaan ivory ini cukup beragam karena didasari pada karakteristiknya yang cukup tebal dan tidak gampang sobek.
Dupleks
Dupleks juga menjadi jenis kertas A2 yang banyak digunakan oleh masyarakat. Jenis kertas ini unik karena memiliki dua sisi dengan warna yang berbeda. Satu sisi dupleks memiliki warna putih sedangkan sisi lainnya memiliki warna abu-abu. Nah, dalam penggunaannya, kertas ini biasa digunakan untuk membuat dos pengepakan makanan. Tentu saja dos yang dibuat disesuaikan dengan ukuran kertas dan kebutuhan dos tersebut.
HVS
Mungkin jenis kertas ini adalah yang paling populer dikalangan masyarakat. Dalam hal ini, HVS merupakan kertas yang memiliki permukaan cenderung kasar. Pada umumnya, HVS digunakan untuk keperluan fotokopi serta printer saat mencetak buku. Tentu, HVS juga tersedia dalam ukuran A2.
Baca Juga :
Nah, demikian pembahasan mengenai detail ukuran kertas A2 dan beberapa hal penting di sekitarnya. Anda bisa membeli kertas ini di agen kertas terdekat di kota anda. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel