Ukuran Kertas A3 Dan Beberapa Fungsinya

Melihat ukuran kertas, kita akan menemukan cukup banyak ukuran kertas yang berbeda-beda untuk kegunaan yang berbeda pula. Salah satu jenis kertas yang cukup banyak digunakan di masyarakat adalah kertas A3. Secara singkat, kertas ini memiliki ukuran setengah dari A2 dan seperempat daro A1. Kertas A3 cukup mudah ditemukan di pasaran. Bahkan, ada pula buku gambar yang dibuat dengan ukuran kertas tersebut. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa hal terkait detail ukuran kertas A3 serta beberapa fungsinya. Selamat membaca.

ukuran kertas a3 dalam cm, ukuran kertas a3 plus, ukuran kertas a3 dalam pixel, ukuran kertas a2 cm, ukuran a4 dalam cm, ukuran kertas dalam cm, kertas a4, ukuran kertas a3 dalam microsoft word,
Kertas Samson Kraft Ukuran A3

Detail Ukuran Kertas A3

Mengetahui terkait detail ukuran kertas A3 merupakan hal penting terutama untuk tambahan informasi dalam membandingkan seberapa luas A3 tersebut. Hal ini cukup penting agar anda bisa memperkirakan dan tidak keliru pada saat hendak membeli kertas tersebut. Lantas, bagaimana ukuran detail dari kertas A3? Simak penjelasannya di bawah ini:

  • Ukuran A3 dalam mm adalah 297 x 420 milimeter
  • Ukuran A3 dalam cm adalah 29,7 x 42,0 sentimeter
  • Ukuran A3 dalam inch adalah 11,69 x 16,54 inch
Dengan detail ukuran tersebut tentu saja anda bisa memperkirakan berapa ukuran dari A3 tersebut sebelum anda membeli atau menggunakannya untuk mencetak sesuatu. Mengetahui ukuran tersebut cukup penting agar anda tidak salah memilih ukuran kertas.

Kegunaan Kertas A3

Setiap kertas tentu saja memiliki kegunaannya masing-masing tergantung dari ukuran kertas tersebut. Sebagaimana yang sudah disinggung di awal, ukuran kertas A3 merupakan salah satu ukuran kertas yang cukup banyak digunakan sebagai kertas gambar. A3 akan memberikan space menggambar yang tepat dan pas. Tidak hanya itu, A3 juga menjadi salah satu ukuran kertas yang tepat pada saat hendak mencetak selebaran, pamflet ataupun brosur mengenai beberapa agenda yang berbeda.

Jenis Kertas A3

Setelah mengetahui detail ukuran serta kegunaan kertas A3, sebagai tambahan informasi kita akan membahas beberapa jenis kertas A3 yang biasa digunakan di masyarakat. Adapun beberapa jenis kertas tersebut adalah sebagai berikut:
HVS
HVS merupakan salah satu jenis kertas yang paling banyak digunakan, terutama untuk mencetak dokumen atau buku. Namun, dengan ukuran A3, HVS seringkali digunakan untuk mencetak gambar hitam putih sebagai media pembelajaran atau lainnya. Dengan ketebalan yang standar, permukaan kasar serta harga yang tidak terlalu mahal, HVS bisa diandalkan untuk beberapa kebutuhan.
Ivory
A3 juga hadir dalam jenis ivory. Perlu diketahui bahwa ivory merupakan salah satu jenis kertas yang menarik dan unik karena memiliki permukaan licin pada satu sisi dan biasa pada sisi yang lain. Dalam hal ini, ivory sering digunakan untuk mencetak foto. Nah, dengan ukuran A3, ivory bisa diandalkan untuk mencetak foto keluarga besar dan memajang foto tersebut sebagai hiasan.
Samson Kraft
Samson Kraft merupakan produk kertas daur ulang yang memiliki harga cenderung murah. Nah, Samson Kraft terkadang menjadi media lukis alternative, terutama digunakan untuk membuat poster lukis tangan atau pemberitahuan agenda dengan detail anti mainstream. Samson memiliki permukaan yang cukup halus dan memiliki warna cokelat pada permukaannya.
Dari beberapa keterangan di atas, kita bisa melihat detail ukuran kertas A3, kegunaannya serta beberapa jenis kertas yang tersedia. Kertas dengan ukuran A3 ini bisa didapatkan dengan cukup mudah di toko kertas terdekat. Selain cukup familiar, kertas ini pada dasarnya memang menjadi pelengkap dari kebutuhan sehari-hari. Bahkan, sudah banyak muncul kertas menggambar dengan ukuran A3 yang tentu saja akan memudahkan anda untuk mencari produk tersebut. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel