Ukuran Kertas A1 Dan Ragam Jenisnya

Membahas ukuran kertas, kita akan menemukan bahwa ada cukup banyak ukuran kertas yang berbeda di mana tersedia dengan cukup banyak di pasaran. Salah satu kertas yang tersedia adalah A1. Mungkin beberapa orang masih awam dengan kertas yang satu ini karena memang kertas ini tidak terlalu terkenal jika dibandingkan dengan kertas A4 atau A5 yang paling banyak digunakan dalam keperluan sehari-hari. Namun, hal ini tidak menutup kenyataan bahwa A1 juga digunakan dalam beberapa hal berbeda. Jika disimak, ukuran kertas A1 adalah setengah dari ukuran kertas A0. Lantas, berapa detail ukuran dari kertas ini?

Ukuran Kertas A1
Harga Kertas Gambar Ukuran Kertas A1 Rp 220Ribu

Detail Ukuran Dari Kertas A1

Sebagaimana sudah disampaikan di atas bahwa secara kasar, ukuran kertas A1 adalah setengah dari ukuran A0. Tentu saja ini akan memudahkan anda untuk memperkirakan ukuran kertas tersebut pada saat hendak memilihnya untuk keperluan tertentu. Adapun detail ukuran dari A1 tersebut adalah sebagai berikut:

  • Ukuran A1 dalam mm adalah 594 x 841 milimeter
  • Ukuran A1 dalam cm adalah 59,4 x 84,1 centimeter
  • Ukuran A1 dalam inch adalah 23,39 x 33,11 inch
Jika dilihat dari detail ukuran kertas A1 di atas, maka kita bisa melihat bahwa kertas ini sebenarnya cukup besar. Besaran kertas ini akan membuat A1 bisa dimanfaatkan terutama untuk percetakan selebaran. Dengan menggunakan A1 sebagai media cetak poster, maka acara yang hendak diadakan tentu saja bisa dibaca dengan lebih mudah dan informasi terkait acara tersebut bisa disampaikan dengan lebih maksimal. Kertas A1 juga bisa diandalkan untuk mencetak bagan-bagan atau pemberitahuan dalam keperluan sekolah atau perkantoran.

Jenis Kertas A1 Di Pasaran

Di pasaran, terdapat cukup banyak jenis kertas yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan anda. Tentu saja, dengan memilih kertas yang tepat, maka kebutuhan anda bisa terpenuhi dengan lebih maksimal. Adapun beberapa jenis kertas tersebut adalah sebagai berikut:
Art Paper
Jenis kertas pertama adalah art paper. Jenis kertas ini memiliki tekstur yang licin serta halus. Biasanya, jenis kertas ini digunakan untuk mencetak brosur, majalah atau katalog. Namun, dengan ukuran A1, kertas ini cenderung lebih digunakan untuk mencetak selebaran atau bagan dengan ukuran lumayan besar. Gramatur kertas ini tersedia mulai dari 85 gram hingga 150 gram.
Art Carton
Art Carton juga tersedia sebagai salah satu jenis kertas. Salah satu pilihan ukuran kertas A1 ini hampir sama dengan art paper namun memiliki kelebihan pada ketebalannya. Dengan ketebalan yang sesuai, produk ini biasanya digunakan untuk mencetak kartu nama, cover buku, brosur, paper bag, map dan lainnya. Untuk ukuran A1, kertas biasanya digunakan untuk mencetak brosur agenda dengan kualitas premium.
Ivory
Ivory memiliki detail mirip dengan art carton. Hanya saja, jenis kertas ini memiliki satu sisi yang licin dan sisi lainnya tanpa coating. Biasanya, ivory digunakan untuk pembuatan paper bag, dos kosmetik, sampul buku atau lainnya. Hal ini dikarenakan ivory memiliki ketebalan yang cukup sehingga bisa diandalkan dan tahan lama.
Nah, dari beberapa penjelasan tersebut, kita bisa melihat mengenai detail ukuran kertas A1 beserta kegunaannya dalam kebutuhan harian. Selain itu, ada beberapa jenis kertas dengan ukuran tersebut yang memiliki karakteristik berbeda. Tentu saja masih ada beragam jenis kertas lainnya yang bisa dipertimbangkan saat hendak memilih. Nah, jika anda ingin membeli kertas dengan ukuran A1, maka anda bisa menuju ke agen toko kertas karena biasanya memang tidak semua toko menyediakan ukuran kertas A1 pada etalase mereka. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel