Tips Membuat Ukuran Kertas A5 Cm

Berbicara mengenai ukuran kertas, maka kita tentunya sudah sering mendengar kata/ istilah ukuran kertas A3, A4 dan A5. Ukuran-ukuran tersebut banyak dipergunakan oleh masyarakat untuk mengerjakan pekerjaan dan juga tugas-tugas yang sedang kita kerjakan. Akan tetapi, tidak banyak dari kita juga tentunya mengetahui ukuran pastinya dari tiap ukuran kertas tersebut. Untuk kertas A4 sendiri karena sering dan umum dipergunakan oleh masyarakat maka banyak dari kita yang paham ukurannya. Terlebih jika kita datang ke tempat percetakan tentunya kertas tersebut tersedia. Akan tetapi, tidak semua percetakan menyediakan ukuran Kertas A5 Cm. Jika hal ini terjadi, maka kita mau tidak mau harus membuat sendiri bukan? Dari sinilah, kita wajib mengetahui ukuran kertas agar jika ada tugas yang datang kita bisa mengatasinya dengan baik.

buku agenda ukuran A5
Buku Agenda ukuran A5

Cara membuat kertas ukuran A5 dengan satuan Cm

Pada dasarnya membuat kertas ukuran A5 tidaklah sulit apabila anda mengetahui tiap-tiap ukuran kertas seri A. Pada dasarnya, ukuran grafik seri A ini sendiri saling berhubungan jika kita lihat seksama. Kita bisa melihat pada grafik ini dimana semua ukuran tersebut memperlihatkan bagaimana semua ukuran itu saling berkaitan. Kita bisa ambil contoh pada ukuran kertas berukuran A3 dimana ukuran tersebut merupakan setengah dari ukuran kertas A2. Dengan kata lain, ukuran kertas dengan bilangan yang lebih besar ada kaitannya dengan ukuran kertas sebelumnya yang memiliki bilangan lebih kecil. Oleh karena itu, jika anda ingin mendapatkan kertas berukuran A5, maka anda harus melihat kertas yang ukurannya lebih besar dari A5 yaitu dilihat dari bilangan sebelum 5. Berarti ukuran kertas yang perlu kita cari adalah A4.

Ukuran kertas A4 dengan A5 saling berhubungan karena jika anda ingin membuat kertas A5, maka anda bisa menggunakan kertas A4 tersebut. Hal itu disesabkan karena ukuran Kertas A5 Cm merupakan separuh dari ukuran kertas A4. Jika kalian mencari dalam satuan Cm, maka anda perlu mengkonversi satuan tersebut karena dimensi ukuran seri A menurut standar ISO 216 satuannya adalah millimeter. Oleh karena itu, jika anda ingin merubahnya ke centimeter, anda perlu membaginya dengan nilai 10 agar bisa dikonversi ke cm. Dengan kata lain, jika anda ingin membuat kertas A5 maka anda bisa menyediakan kertas A4 terlebih dahulu kemudian memotong separuh dan diukur. Ukuran ini sangat penting agar nantinya setiap kertas memiliki besaran yang sama. 

Dimensi ukuran Kertas A5 Cm

Agar anda bisa membuat kertas ukuran A5 cm sendiri, maka setelah anda mengetahui cara membuatnya maka selanjutnya anda juga diwajibkan mengetahui dimensinya. Pengukuran dimensi ini mungkin jarang dipergunakan karena tidak sedikit orang yang menganggap bahwa kertas berukuran A5 itu hanya separohnya dari kertas A4. Oleh karena itu, mereka hanya perlu membaginya menjadi dua dan tidak mengukur dimensinya. Padahal, hal tersebut bisa saja membuat ukuran salah. Oleh karena itu, mengukur dimensi setelah membagi dua kertas A4 sangat penting agar mendapatkan ukuran yang pas sesuai dengan ISO terlebih jika anda memiliki usaha percetakan maka pemotongannya jangan ngawur agar konsumen puas dengan pelayanan anda.

Oleh karena itu, mengetahui ukuran Kertas A5 Cm sangat penting agar kertas yang kita buat dari kertas A4 benar-benar tepat. Untuk ukuran millimeter, ukuran kertas ini memiliki dimensi 148 mm x 210 mm berdasarkan ISO. Jika anda ingin mengkonversinya ke centimeter (Cm), maka anda bisa membaginya dengan nilai 10 tiap dimensi sehingga bisa kita temui dimensi kertas ukuran ini dalam centimeter adalah 14,8 Cm x 21,0 cm. Sedangkan pada pada ukuran inci, ukurannya adalah 5,83 x 8,27 inci. Demikianlah, ukuran yang patut anda ketahui untuk kertas A5.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel