Ukuran Kertas A5 Dan Variasinya

Ukuran kertas merupakan panjang dan lebar suatu kertas dalam satuan mm (mili meter) dan juga bisa dikonversikan kedalam cm (centimeter) ataupun inchi (inci). Berkaitan dengan ukuran kertas seri A maka berdasarkan standar internasional hal itu akan berlaku hukum luas yang telah ditetapkan oleh ISO (International Organization for Standarization). Selain itu, ukuran kertas juga sangat bervariasi dan salah satunya adalah ukuran kertas A5. Ukuran ini juga merupakan salah satu ukuran ISO dalam satuan mm (milimeter) dan bisa menjadi satuan cm jika dikonversi dengan baik. Jika anda masih bingung dengan ukuran ini, A5 biasanya memiliki ukuran seperti buku tulis atau ukuran A4 yang dibagi dua.

cetak brosur penawaran kertas A5
Cetak brosur penawaran kertas Ukuran A5

Ukuran kertas A5 dan konversi ke ukuran lain

Pada dasarnya, ukuran kertas A menjadi standar yang paling sering dipakai karena menurut ISO berlaku luas secara internasional. Selain kertas A5, ukuran lain yang memiliki standar ISO adalah A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6. A7, A8, A9, A10, dan lain sebagainya. Kertas-kertas tersebut biasanya digunakan untuk kertas tulis, kartu, alat tulis, dan lain sebagainya, Sedangkan pada ukuran yang A5 ini, biasanya banyak digunakan untuk kertas tulis atau alat tulis seperti buku. Ukuran kertas yang berturut-turut di seri A sendiri bisa kita didefinisikan dengan membagi 2 atau setengah ukuran kertas sebelumnya yang memiliki dimensi lebih besar. Sehingga dalam pengukuran kita tidak perlu bingung untuk mengukurnya.

Untuk ukuran kertas A ini sendiri biasanya dalam ISO menggunakan satuan mm (milimeter). Akan tetapi, jika anda butuh dalam ukuran cm, maka anda tidak perlu khawatir karena anda bisa mengkonversinya dari mm ke cm dengan cara membaginya dengan nilai 10. Selain itu, jika anda ingin mendapatkan ukuran kertas A5 dan anda tidak memilikinya, anda bisa membuatnya sendiri karena ukuran kertas grafik A memperlihatkan representasi visual dimana ukuran tersebut memiliki hubungan satu sama lain. Dengan kata lain, untuk ukuran kertas seperti A5 maka ada hubungannya dengan ukuran A4. Oleh karena itu, jika anda memiliki ukuran kertas A4 maka anda bisa memotong separuhnya agar bisa menjadi A5. 

Ukuran A5 dalam satuan mm dan Cm

Bagi anda yang ingin membuat kertas ukuran A5, maka anda bisa mengukurnya sendiri dengan menyediakan kertas ukuran A4. Langkah pertama untuk membuat kertas A4 menjadi A5 adalah dengan memotong separuhnya menjadi 2 bagian yang sama. Setelah itu ukurlah kertas tersebut karena A5 dalam satuan mm memiliki ukuran 148 mm x 210 mm. Sedangkan jika dikonversi kedalam ukuran satuan Cm, maka ukuran kertas ini adalah 14.8 cm x 21.0 cm. Dengan mengetahui ukuran kertas demikian, maka jika anda butuh kertas jenis ini, anda tidak perlu bingung karena bisa membuatnya sendiri untuk tugas kalian.

Demikianlah beberapa hal terkait dengan ukuran kertas seri A. Pada dasarnya, ukuran seri A ini sudah dipergunakan diseluruh dunia sehingga hal tersebut akan membuat kita mudah jika kita berada dinegeri orang dan menggunakan kertas yang dibutuhkan karena ukuran seri A biasanya digunakan menjadi standar ukuran kertas surat bisnis. Untuk ukuran kertas A5 sendiri,, biasanya didunia internasional digunakan untuk membuat buku pamphlet dan lain sebagainya. Hal tersebut telah dipergunakan sejak abad ke-20 pertengahan di Eropa dan dari sana, menyebarlah ke seluruh penjuru dunia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel