Ukuran Kertas B4 Dan Variasi Kegunaannya

Secara umum ukuran kertas ini sangatlah banyak sehingga kita bisa memilih ukuran-ukuran kertas sesuai dengan yang kita butuhkan. Didunia internasional sendiri, beberapa ukuran kertas yang sering dipakai adalah jenis seri A, B, C, F, dan R. Akan tetapi, dalam penggunaan sehari-harinya, ukuran yang paling sering digunakan adalah ukuran A4, B3, dan C4. Semua ukuran tersebut berstandar ISO. Akan tetapi, untuk ukuran kertas lain seperti ledger, letter, legal, dan lain sebagainya merupakan standar kertas yang ada di Amerika Utara. Setiap kertas memang memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing sehingga jika anda membutuhkan ukuran kertas B4 tentu juga memiliki fungsi serta tujuannya sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, mengetahui ukuran kertas ini sangatlah penting agar kita tidak bingung jika ada permintaan dari atasan ataupun pelanggan terkait dengan ukuran B4. 

alat potong kertas ukuran B4
Alat potong kertas foto ukuran B4 Harga 200ribuan

Fungsi kertas dan kegunaannya

Setiap kertas memiliki fungsinya masing-masing sebagai contoh kertas seri R biasanya sering dipergunakan untuk foto. Sedangkan untuk kertas seri A sendiri, terutama pada seri A4 biasanya digunakan untuk pencetakan makalah, proposal, skripsi, dan kebutuhan lainnya dimasyarakat umum. Sedangkan untuk kertas ukuran seri B biasanya memiliki fungsi untuk keperluan cetak poster besar dan untuk media lukisan dinding. Dengan kata lain, ukuran kertas B ini dipergunakan untuk karya seni ataupun hal-hal yang berkaitan dengan kesenian karena ukurannya yang cukup besar. Oleh karena itu, jika anda ingin mengerjakan sesuatu maka menggunakan kertas ukuran B4 bisa menjadi solusi anda. 

Ukuran kertas B4 dalam mm, cm dan inch

Setelah anda mengetahui setiap fungsi dan kegunaan dari tiap-tiap kertas maka hal lain yang wajib anda ketahui adalah ukuran. Ukuran kertas ini sangatlah penting karena dengan ukuran tersebut maka anda bisa memotong kertas sendiri ataupun mengoreksi kertas jika anda membeli ditoko-toko. Untuk ukuran kertas B4 ini sendiri bisa kita ketahui dalam berbagai satuan dan konversinya. Jika anda ingin mencarinya dalam ukuran millimeter, maka ukuran dimensi dari kertas ini adalah 250 mm x 353 mm. Akan tetapi, jika satuan anda ingin dikonversi ke satuan centimeter, maka anda hanya perlu mengkonversinya dengan cara membagi angka tersebut dengan bilangan 10. Oleh karena itu, untuk ukuran cm, ukuran kertas ini adalah 25 cm x 35.3 cm. Sedangkan ukuran inchnya adalah 9.84 inch x 13.90 inch.

Karena ukuran kertas seri B ini berstandar ISO, maka cara pengukurannya pun tidak jauh berbeda dengan kertas ukuran seri A. Sebagai patokan, ukuran kertas seri B ini yang paling besar adalah ukuran kertas B0. Sedangkan ukuran-ukuran selanjutnya bisa dibagi setengahnya dari ukuran sebelumnya. Sebagai contoh kertas ukuran B4 merupakan setengah/ separo dari ukuran kertas B3 dan seperempat dari kertas ukuran B2. Dengan cara pengukuran tersebut, maka akan memudahkan kita untuk memotong kertas sesuai dengan kebutuhan anda sekalian.

Demikianlah beberapa informasi terkait dengan kertas seri B khususnya ukuran B4. Melihat dari penggunaannya, ukuran kertas B4 memang jarang digunakan oleh masyarakat umum karena jarang yang menggunakannya untuk keperluan poster ataupun karikatur lainnya. Akan tetapi, meskipun jarang ukuran kertas ini juga sering dipergunakan oleh seseorang untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh atasan, dosen, ataupun guru disekolahan. Oleh karena itu, mengetahui pengukuran ini dengan tepat akan memberikan manfaat tersendiri bagi anda sekalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel