Ukuran Kertas A3 Plus Dan Perbedaannya Dengan Kertas A3

Jika anda pergi ke toko kertas, maka anda kini bisa menemukan kertas dengan ukuran A3+. Bagi sebagian orang, tentu hal ini merupakan sesuatu yang baru dan berbeda. Tentu saja, hal ini dikarenakan beberapa orang awam sudah sangat terbiasa dengan adanya kertas dengan ukuran A3 yang lebih dahulu muncul. Lantas, seperti apa sebenarnya kertas A3+ ini? Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa hal mengenai ukuran kertas A3 plus serta perbedaannya dengan kertas A3.

jual kertas a3 plus, ukuran kertas a3, area cetak a3+, jual kertas a3+, ukuran a3+ di photoshop, a3+ size, harga print kertas a3, ukuran kertas a3 dalam pixel,
Kertas A3+

Kemunculan kertas A3 plus ini tentu saja akan semakin memperkaya variasi kertas yang ada. Tentu, anda akan semakin leluasa memilih kertas untuk dipergunakan sesuai kepentingan. Nah, simak beberapa hal menarik terkait detail ukuran kertas A3 plus serta beberapa hal lainnya di bawah ini. Selamat membaca.

Perbedaan Ukuran A3 dan A3 Plus

Hal pertama yang harus dijelaskan dalam hal ini adalah perbedaan ukuran dari kertas A3 dan A3 plus. Tentu, secara kasat mata, jenis kertas ini memiliki detail ukuran yang berbeda. Ukuran dari kertas A3 adalah 29,7 x 42,0 cm. Ukuran ini merupakan dua kali lipat dari ukuran kertas A4 dan setengah dari ukuran kertas A2. Lantas, bagaimana dengan ukuran dari A3 plus?

Nah, ukuran kertas A3 plus cukup berbeda dengan ukuran A3. Dalam hal ini, kertas A3 plus memiliki ukuran 32 x 48 cm. Secara kasat mata kita bisa melihat bahwa A3 plus memang lebih besar daripada A3. Dengan perbedaan ukuran tersebut tentu saja fungsi dari kertas juga berbeda. Kertas A3 biasanya digunakan sebagai media menggambar, media cetak gambar bangunan, dan lainnya. Sedangkan A3 plus biasanya digunakan untuk industri grafika yang memerlukan percetakan dengan skala cetak di bawah cerak offset.

Sejarah Kemunculan A3 Plus

Tentu, kertas A3 plus tidak begitu saja muncul tanpa sebab. Ada beberapa hal yang melatarbelakangi kemunculan dari kertas yang satu ini. Tentu, jika dilihat dari detail ukuran kertas A3 plus, maka kita akan menemukan adanya penyesuaian ukuran lama. Dalam hal ini, penyebab dari munculnya ukuran kertas A3 plus tersebut adalah adanya perkembangan teknologi digital printing. Perkembangan teknologi dalam bidang digital printing, utamanya adalah printer laser berskala bisnis mau tidak mau mengharuskan adanya ukuran kertas yang baru agar sesuai. Adapun beberapa produk printer laser yang menggunakan kertas ini adalah Konica Bizhub, Xerox Igen, HP Indigo dan lainnya.

Jenis Kertas A3 Plus

Selain hadir dengan perbedaan ukuran, kertas ini hadir juga dengan jenis kertas yang berbeda. Perbedaan kertas ini tentu saja akan sangat menentukan kegunaan dari kertas A3 plus tersebut. Ada beberapa jenis kertas yang hadir di pasaran dan bisa digunakan untuk keperluan berbeda. Adapun beberapa jenis kertas ini adalah HVS, art paper, art carton, stiker cromo, dan lainnya.

Dengan adanya perbedaan tersebut, tentu saja anda bisa memilah-milah jenis kertas yang tepat untuk keperluan yang berbeda. Contohnya, ketika anda hendak mencetak gambar desain bangunan menggunakan kertas A3 plus, maka jenis kertas yang paling baik adalah kertas HVS. Selain itu, jika anda hendak mencetak selebaran atau pamflet, maka jenis kertas yang baik adalah art paper.

Nah, demikian beberapa hal penting dan menarik terkait ukuran kertas A3 plus dan beberapa pembahasan lainnya. Kini anda bisa mendapatkan jenis kertas ini dengan cukup mudah di toko kertas terdekat di kota anda. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel