Ukuran Kertas A4, Beragam Fungsi Dan Jenisnya

A4 merupakan salah satu jenis kertas yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dalam beragam hal yang berbeda. Jika dilihat secara umum, memang dalam keperluan sehari-hari, terutama untuk pekerjaan dan pendidikan, kertas menjadi hal penting yang tidak bisa dipisahkan. Banyak keperluan memerlukan kertas sebagai media. Adapun beberapa keperluan tersebut misalnya untuk mencetak surat, mencetak dokumen, atau lainnya. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa hal terkait ukuran kertas A4 serta hal lainnya.

Ukuran Kertas A4
Ukuran Kertas A4 Kertas Foto Glossy Harga Rp 26 ribu

Tentu, mengetahui detail ukuran kertas A4 merupakan hal penting untuk memperkirakan berapa ukuran riil dari kertas tersebut. Selain itu, dengan mengetahui ukuran dari kertas A4, maka anda juga bisa memilih kertas ini untuk memenuhi kebutuhan anda. Simak beberapa informasi menarik mengenai detail dari kertas A4 mulai dari ukuran, jenis dan kegunaannya di bawah ini. Selamat membaca.

Ukuran Detail Kertas A4

Pada pembahasan pertama, kita akan membahas mengenai detail dari ukuran kertas A4. Nah, untuk memberikan informasi yang lengkap maka kita akan memberikan beberapa detail ukuran dengan satuan yang berbeda. Adapun detail dari ukuran kertas tersebut adalah sebagai berikut:

  • Ukuran detail A4 dalam satuan mm adalah 210 x 297 milimeter
  • Ukuran detail A4 dalam satuan cm adalah 21,0 x 29,7 sentimeter
  • Ukuran detail A4 dalam satuan inch adalah 8,27 x 11,69 inch
Dengan beberapa detail ukuran tersebut, tentu saja anda bisa memperkirakan ukuran rill dari kertas A4. Tentu hal ini akan sangat membantu sebelum anda memilih ukuran kertas ini untuk keperluan tertentu.

Fungsi Kertas A4

Kertas A4 termasuk yang paling sering digunakan untuk beragam keperluan sehari-hari. Dalam hal ini, kita bisa melihat bahwa memang hampir semua urusan dokumen baik untuk perkantoran, sekolah, perkuliahan ataupun instansi lain menggunakan kertas A4 dalam percetakan. Adapun beberapa fungsi dari kertas A4 ini adalah sebagai berikut:
Media Cetak Beragam Keperluan
A4 seringkali digunakan untuk media cetak beragam keperluan. Beberapa keperluan yang dimaksud diantaranya adalah mencetak surat tugas, mencetak tugas akhir, mencetak tugas harian, dan lain sebagainya.
Media Menggambar Alternative
Kertas A4 juga bisa digunakan untuk media menggambar alternative. Dalam hal ini, ukuran kertas yang tidak terlalu besar akan memudahkan anak-anak untuk menggambar. Di pasaran, terdapat banyak buku menggambar yang dijual dengan ukuran A4.
Media Cetak Selebaran
Meskipun ukuran kertas tidak terlalu besar, namun kertas A4 juga bisa digunakan untuk media mencetak selebaran. Dengan kertas ini, selebaran bisa dicetak dengan ukuran minimalis sebagai penunjang dari acara. Selain lebih hemat, persebaran informasi juga bisa lebih deras.

Jenis Kertas A4

Dari beberapa penjelasan di atas, tentu kita bisa melihat informasi mengenai detail ukuran kertas A4 serta kegunaannya. Nah, di pasaran, anda akan bisa menemukan cukup banyak jenis kertas A4 ini dengan detail yang cukup berbeda. Tentu, jenis kertas juga akan mempengaruhi fungsi dari kertas itu sendiri. Adapun beberapa jenis kertas yang tersedia di pasaran dengan ukuran A4 adalah HVS, Buffalo, Ivory, Art Paper, dan lainnya. Nah, anda bisa memilih mana jenis kertas yang tepat untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan.
Demikian pembahasan mengenai detail ukuran kertas A4 serta beberapa hal penting lainnya. Anda bisa membeli kertas ini di berbagai toko kertas atau melalui online shop untuk pilihan yang lebih mudah. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel