Ukuran Kertas B5 Untuk Keperluan Profesional

Dalam dunia percetakan, ada banyak sekali jenis dan ukuran kertas. Berhubungan dengan ukuran kertas, mungkin kalian sudah familiar dengan kertas A4, kuarto maupun folio. Akan tetapi, sebenarnya masih banyak lagi ukuran kertas yang ada. Dalam beberapa kebutuhan, mungkin kalian diharuskan untuk mencetak suatu tulisan atau gambar dalam ukuran kertas tertentu. Salah satunya adalah B5. Mungkin banyak orang yang belum tahu tentang ukuran kertas B5, termasuk kalian. Padahal, ukuran kertas ini juga tak jarang digunakan. Untuk itu, kita akan membahasnya lengkap di sini, sehingga kalian tak perlu lagi bingung jika ingin mencetak suatu dokumen atau file dalam kertas B5.

kertas binder berukuran b5
Kertas binder berukuran B5

Penggunaan Kertas Ukuran B5

Seperti kita tahu, kebanyakan suatu karya ilmiah dicetak dalam kertas ukuran A4, folio atau kuarto. Lalu, kapan kertas ukuran B5 biasanya digunakan atau diperlukan? Ada banyak kebutuhan yang biasanya memerlukan kertas dengan ukuran khusus yaitu B5. Umumnya, kertas B5 digunakan untuk keperluan percetakan profesional. Misalnya adalah pembuatan majalah. Meskipun tak semua majalah menggunakan kertas B5, namun kebanyakan majalah yang sering kita jumpai menggunakan kertas B5. Selain majalah, ada juga iklan flyer yang juga sering menggunakan kertas B5.

Karakteristik Kertas Kertas B5

Kertas jenis A dan C memang lebih dikenal. Sama halnya dengan kertas jenis tersebut, kertas B5 juga dibuat berdasarkan standar ISO 216. Jika kalian pernah melihat kertas B4, maka kertas B5 ini memiliki ukuran setengahnya. Jika dibandingkan dengan B3, ukuran kertas B5 adalah seperempatnya. Begitu seterusnya hingga kertas dengan ukuran B0. Sebaliknya, ada juga kertas jenis B dengan ukuran lebih kecil yaitu B6 dan B7. Kertas B5 memiliki ukuran 2 kali lipat dari B6 dan 4 kali lipat dari B7.

Ukuran Kertas B5 dalam Berbagai Satuan

Ukuran kertas biasanya menggunakan salah satu dari 3 satuan berikut yaitu inci (in), centimeter (cm) dan millimeter (mm). Lalu, berapakah ukuran kertas jenis B5? Kita akan membahasnya dalam 3 satuan yang sudah disebutkan di atas.
1. Ukuran Kertas B5 dalam Inci (in)
Seperti kita tahu, 1 inci sama dengan 2,54 cm. Dalam satuan inci, kertas B5 memiliki ukuran lebar 6,93 in dan tinggi 9,84 in.
2. Ukuran Kertas B5 dalam Centimeter (cm)
Ini adalah ukuran yang paling sering digunakan di Indonesia. Dalam satuan centimeter, kertas B5 memiliki ukuran lebar 17,6 cm dan tinggi 25 cm.
3. Ukuran Kertas B5 dalam Milimeter (mm)
Millimeter adalah satuan terkecil dari ketiga satuan ini. 1 cm sama dengan 10 mm. Dalam ukuran millimeter, kertas B5 memiliki ukuran lebar 176 mm dan lebar 250 mm.

Kertas Jenis B

Dibanding dengan kertas jenis A, kertas jenis B memiliki karakteristik yang lebih tebal. Itulah kenapa kertas jenis B sering digunakan untuk kebutuhan profesional. Selain untuk majalah, kertas jenis B juga sering digunakan untuk berbagai keperluan profesional lain. Misalnya adalah untuk membuat poster, amplop, passport, sampul buku, dan lain sebagainya.

Itulah hal-hal penting yang perlu kalian ketahui tentang ukuran kertas B5. Di toko-toko percetakan, kertas dengan ukuran B5 memang tak memiliki stok sebanyak kertas ukuran A4, folio maupun kuarto. Jadi, kertas B5 sedikit lebih sulit ditemukan apalagi di toko-toko kecil. Mudah-mudahan penjelasan ini bermanfaat dan dapat membantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel