Custom Size Ukuran Kertas F4 Di Word

Di dunia pengetikan dan percetakan, pemilihan kertas sangatlah penting. Pemilihan kertas harus dipilih berdasarkan ukuran kertas yang diperlukan baik itu dalam pengetikan maupun dalam printing. Salah satu ukuran kertas yang paling sering digunakan di dunia percetakan di Indonesia adalah F4. Sayangnya, ukuran kertas F4 di Word tidak kita temukan, baik dalam Ms. Word versi terdahulu maupun Ms. Word versi terbaru. Faktanya, kertas F4 memang tidak begitu populer di luar negeri. Kertas F4 sendiri juga memiliki sebutan lain yaitu kertas folio.

Ukuran Kertas F4
Ukuran Kertas F4 Paperone

Ukuran Standar Kertas F4

Meskipun kertas F4 tidak kita temukan dalam pilihan kertas di Ms. Word, kita harus tahu berapa ukuran kertasnya. Jadi, kita bisa melakukan custom size untuk kertas ukuran F4 di Word. Secara standar internasional, kertas F4 memiliki ukuran baku yaitu 210 mm x 330 mm. Jika kita ubah ke dalam satuan centimeter, maka ukurannya menjadi 21 cm x 33 cm. Jika dikonvert ke dalam satuan inci, maka ukuran kertas F4 menjadi 8,27 in x 13 in.

Meskipun sudah ada aturan bakunya berdasarkan standar internasional, pada kenyataannya tidak semua produsen kertas, khususnya di Indonesia memproduksi kertas F4 dengan ukuran seperti di atas. Misalnya, kita bisa temukan kertas F4 dengan ukuran 21,6 cm x 33 cm. Artinya, ada selisih 0,4 mm jika diukur secara teliti. Namun, secara kasat mata perbedaan itu tidak terlihat.

Custom Size Ukuran Kertas F4 di Ms. Word

Lalu, bagaimana jika kita ingin mengetik tulisan di Ms. Word dengan kertas ukuran F4 sedang di sisi lain ukuran kertas F4 di Word tidak tersedia? Di sinilah pentingnya mengetahui ukuran standar kertas F4. Setelah mengetahui ukuran kertas F4 seperti di atas, kita bisa melakukan custom size. Pada Ms. Word, kalian harus mengubah ukuran kertas menjadi 21,5 cm x 33 cm. Dengan begitu, ketika tulisan tersebut akan dicetak menggunakan kertas F4 maka tulisannya tidak akan berantakan.

Perbedaan Kertas Ukuran F4 dengan Ukuran Legal

Dalam aplikasi Ms. Word, kita bisa menemukan pilihan kertas ukuran Legal. Banyak orang salah paham dengan memahami bahwa kertas legal sama dengan kertas F4 atau folio. Akan tetapi, keduanya jelas berbeda. Artinya, ukuran kertas folio di Word tidak sama dengan kertas Legal. Untuk mengetahui perbedaannya, mari kita simak selisih ukuran keduanya.

Seperti yang sudah kita bahas di atas, kertas F4 memiliki ukuran lebar 21 cm dan panjang 33 cm. Lain halnya dengan kertas F4 atau folio, kertas Legal yang terdapat dalam Ms. Word memiliki ukuran lebar 21,6 cm dan panjang 35,6 cm. Anggaplah lebarnya sama, namun terdapat perbedaan yang sangat mencolok pada panjangnya, yaitu berbeda 2,6 cm. Tentu saja, perbedaan ini terlalu besar sehingga sangat tidak sesuai jika ukuran kertas Legal dicetak dalam kertas F4 atau folio. Bisa jadi, ada sebagian tulisan yang terpotong karena kertas tidak muat.

Ukuran kertas F4 di Word yang tidak tersedia memang menjadi masalah kecil karena kita harus melakukan custom sendiri. Dengan mengetahui ukurannya, hal tersebut seharusnya tidak menjadi masalah lagi. Memang masih ada beberapa software di komputer yang menyediakan ukuran kertas F4. Salah satu contohnya adalah CorelDraw. Kini, kalian bisa melakukan pengetikan dan pencetakan dokumen menggunakan ukuran kertas F4 pada komputer kalian masing-masing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel