Jenis Dan Ukuran Kertas Foto

Jika kalian berkecimpung dalam dunia percetakan foto, maka kalian harus memahami tentang ukuran kertas foto. Kertas foto tidaklah sama dengan kertas HVS yang sering kita temui karena tentu saja memerlukan kertas yang lebih tebal. Ukuran kertas foto juga bervariasi. Bahkan, foto juga bisa dicetak dalam berbagai ukuran. Untuk memahami itu semua, ada baiknya kalian memperhatikan penjelasan di bawah ini.

Kertas Foto Glossy
Kertas Foto Glossy

Jenis-jenis Kertas Foto

Pertama-tama, mari kita bahas tentang jenis kertas foto terlebih dahulu. Kertas foto mempengaruhi hasil cetakan seperti kontras, warna, tekstur, dll. Ada beberapa jenis kertas yang sering digunakan untuk mencetak foto:

  • Kertas Foto Glossy
Kertas foto ini sangat halus, terlihat mengkilap serta memiliki permukaan reflektif. Dengan kertas ini, hasil foto terlihat tajam. Akan tetapi, kertas ini sangat rawan saat dipegang, biasanya sidik jari akan mengecap di permukaan. Kertas foto ini juga rawan terhadap goresan. Jika kalian ingin mencetak foto dengan warna terang, kertas foto glossy bisa menjadi pilihan terbaik.

  • Kertas Foto Matte
Berkebalikan dengan glossy, kertas foto matte memiliki warna yang tidak mengkilap. Kelebihannya adalah sidik jari tidak akan terlihat meskipun sering dipegang tanpa sarung tangan. Karena tahan goresan, kertas foto ini cukup banyak diminati.

  • Kertas Foto Luster
Lain lagi dengan kertas foto luster yang memiliki lapisan kilauan halus serta tekstur layaknya mutiara. Meskipun terlihat mengkilap, namun tidak menyilaukan. Selain kertasnya lebih tebal, sidik jari juga tak terlihat serta cocok untuk foto berbingkai.

  • Kertas Foto Metallic
Satu lagi kertas foto yang sering digunakan yaitu metallic. Jenis kertas foto ini tahan lama. Untuk hasil cetakan, penampilannya seperti chrome dan hasilnya cukup mengkilap. Dengan tampilan metallic, kertas ini memiliki lapisan yang halus. Kertas foto jenis ini juga terkenal dengan ketajamannya yang sangat bagus.
Itulah beberapa kertas foto yang harus kalian ketahui. Ukuran kertas foto berbeda dari tiap-tiap jenis kertas foto tersebut di atas.

Bermacam-macam Ukuran Kertas Foto

Berbicara masalah ukuran kertas cetak foto, biasanya yang paling sering kita temui adalah ukuran A4 dan juga F4. Akan tetapi, ada juga kertas foto yang berukuran lebih besar, khususnya untuk mencetak foto yang berukuran raksasa. Jadi, ukuran dari kertas foto sangat bervariasi seperti halnya ukuran kertas HVS yang terdiri dari berbagai macam ukuran.

Ukuran Standar Cetak Foto

Ukuran cetak foto bisa dibagi ke dalam 2 kategori. Masing-masing kategori memiliki ukuran berbeda-beda. Berikut penjelasannya:

  • Ukuran Pas Foto
Untuk foto formal seperti foto ijazah, foto buku nikah, dan lain-lain biasanya menggunakan pas foto. Pas foto 2x3 artinya berukuran 2 x 3 cm. Pas foto 3 x 4 artinya memiliki ukuran 3 x 4 cm. Pas foto 4 x 6 artinya memiliki ukuran 4 x 6 cm.

  • Ukuran Seri R
Ukuran seri R adalah ukuran foto yang lebih besar dari pas foto. Ada banyak pilihan ukuran yang tersedia dari mulai 2 R yang berukuran 6 x 9 cm hingga 19R dengan ukuran 30,5 x 45,5 cm.
Itulah hal-hal yang perlu kalian ketahui berkaitan dengan ukuran kertas foto. Dalam memutuskan untuk memilih ukuran foto yang akan dicetak, sebaiknya disesuaikan dengan resolusi dari foto itu sendiri. Resolusi foto yang tidak terlalu besar tidak bisa dicetak dengan ukuran yang besar karena hasilnya akan pecah-pecah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel